10 Feb 2022

Cara Membuat Pot Gantung

Cara Membuat Pot Gantung

Ingin punya taman tapi lahan sempit? Atau mau coba dekorasi yang estetik dalam rumah? Mudah banget loh! Semua bisa anda dapatkan dengan pot gantung sebagai solusi epik. Pot yang digunakan tidak harus pot baru tapi dapat memanfaatkan beberapa barang bekas yang ramah lingkungan. Beberapa tanaman yang diletakkan dalam pot gantung akan tampak semakin indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jika anda menggunakan kreasi pot gantung sesuai yang ada diartikel kami. Simak ya!

Cara membuat pot gantung dari wadah bekas/toples selai

Jika wadah bekas toples selai jangan dibuang ya. Karena dapat disulap menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sebelum membuatnya, persiapkan terlebih dahulu ya peralatannya seperti toples bekas selai, gunting, tali, cat atau stiker yang dapa digunakan untuk menghias toples selai tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama lubangi terlebih dahulu bagian sisi kanan dan sisi kiri dengan menggunakan gunting. Jika toples selai terbuat dari bahan kaca, anda dapat melubanginya dengan menggunakan bor.

  2. Setelah toples selai dilubangi, masukan tali pada sisi kanan dan sisi kiri toples selai yang telah dilubangi

  3. Tali tersebut akan digunakan untuk menggantungkan pot atau toples selai. 

  4. Untuk memperindah tampilan, aplikasikan dengan cat akrilik, stiker atau bahan lainnya.

  5. Pot gantung sudah dapat digunakan.

Caranya mudah bukan? Bahkan tidak hanya toples bekas selai saja. Anda juga dapat menggunakan bahan bekas lain yaitu botol minuman bekas, ember bekas dan kaleng cat kecil. Cara membuatnya sama dengan langkah yang diatas ya. Untuk tanaman yang cocok untuk melengkapi pot gantung dari bekas selai ini adalah bunga Leaf philodendron, tradescantia, sirih marble dan masih banyak bunga cantik lainnya.

Cara membuat pot gantung menggunakan pot terakota

Selain membuat pot gantung dari toples selai bekas, anda dapat membua pot gantung menggunakan pot terakota. Tahukah anda apa itu pot terakota? Yaitu pot yang terbuat dari tanah liat. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah untuk membuat pot gantun.

  1. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti gunting, tali, pot terakota.

  2. Ambil seutas tali, buat simpul dimulai dari bawah dulu ya.Tali ini yang akan digunakan untuk mengantung potnya.

  3. Gunakan simpul persegi dan simpul spiral agar tali kuat

  4. Kemudian setelah simpul terbentuk sempurna, bungkus pot dengan simpul tersebut. Pastikan bagian pot seimbang supaya tanah beserta tanaman tidak terjatuh.

  5. Sebagai tips tambahan, pilih tali yang warnanya menarik dan selaras dengan warna pot terakota. 

  6. Tali gantung sudah selesai, pot terakota sudah dapat digantung. Tambahkan bunga seperti jenis alocasia kecil agar lebih menawan. 

Cara membuat pot gantung dari kaleng aluminium

Kaleng aluminium yang tidak digunakan dapat dijadikan pot gantung. Alat dan bahan yang diperlukan yaitu kaleng aluminium, tanaman hias, pilok sesuai keinginan anda, marker, air panas secukupnya, baking soda, karton dan tali.

Cara pembuatannya sebagai berikut :

  1. Cuci hingga bersih menggunakan air panas yang telah dipersiapkan. Gunakan spons dan gunting agar tidak kesulitan.

  2. Setelah itu, cat dengan pilok dan tunggu hingga kering

  3. Tulis nama tanaman pada kaleng yang sudah dicat

  4. Ikatkan tali sebanyak dua lingar pada kaleng aluminium yang akan dijadikan pot

  5. Ulang langkah diatas, tali dengan kuat

  6. Kemudian pindahkan tanaman hias pada pot gantung

  7. Tanaman sudah siap untuk dipajang

Setelah mengetahui bahwa barang-barang bekas disekitar anda dapat dimanfaatkan menjadi pot gantung untuk keperluan pribadi, anda juga dapat menjadikan ladang bisnis sebab pot gantung tersebut memiliki daya jual yang bernilai tinggi. Selamat mencoba!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam peralatan rumah dan bangunan Anda yang kokoh dengan berbagai macam model. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK