01 Sep 2021 Berikut Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Berikut Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara mengasah gergaji potong yang benar adalah pengetahuan penting. Gergaji adalah alat yang akan bekerja dengan maksimal ketika berada dalam kondisi tajam. Saat ketajamannya tidak sesuai harapan, pengguna akan kesulitan ketika memotong benda. 

Oleh sebab itu, proses pengasahan adalah hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Masalahnya, pengetahuan tentang cara mengasah gergaji nampak tidak umum di masyarakat. Kondisi yang tidak umum ini terbilang sebagai hal wajar.

Itu karena, mengasah gergaji berbeda dengan mengasah alat tajam lain. Sebagai contoh, mari lihat cara mengasah golok atau pisau. Golok dan pisau memiliki satu mata tajam yang berfungsi untuk memotong. 

Dengan matanya yang hanya satu, pengasahan bisa dilakukan dengan menggesekkan ujung tersebut ke alat pengasah. Ini berbeda dengan gergaji. Tidak hanya satu, mata gergaji berjumlah banyak. 

Oleh sebab itu, mengasahnya tidak bisa dilakukan dengan hanya menggesekkan ke alat pengasah. Selain itu, gergaji juga terbilang sebagai alat potong yang cukup tipis. Dengan ketipisan tersebut, menggeseknya menjadi aktivitas yang tidak mudah.

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Ada beberapa tahap dalam cara mengasah gergaji potong. Tahap ini saling berkaitan satu sama lain. Dengan kondisi yang berkaitan tersebut, pastikan melewati tahap sebelumnya sebelum berpindah tahap. Oleh sebab itu, berikut rincian tahapnya.

  1. Siapkan Alat

Tahap pertama dalam cara mengasah gergaji potong yang benar adalah proses penyiapan alat. Sebenarnya hanya satu alat yang perlu dipersiapkan.

Alat tersebut adalah kikir. Namun pastikan kikir yang digunakan masih berada pada kondisi baik. Jika kikirnya sudah berkarat, pengasahan tidak akan bisa dilakukan.

  1. Bersihkan Gergaji

Setelah kikir siap, bersihkan terlebih dahulu gergajinya. Jangan melakukan kesalahan dengan langsung mengasah gergaji kotor. Proses pembersihan gergaji sendiri bisa dikatakan mudah. 

Itu karena, Anda hanya perlu menggunakan kuas atau sikat kawat. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkannya. Air hanya akan membuat karat pada gergaji semakin sulit dibersihkan.

Sebenarnya, menggunakan air masih bisa dilakukan. Hanya saja, air tersebut harus digunakan dengan memakai lap. Jangan sampai merendam gergaji ke dalam air.

  1. Jepit

Cara mengasah gergaji potong yang benar selanjutnya adalah menjepit gergaji. Tentu proses penjepitan ini perlu dilakukan terbalik sehingga mata gergaji mengarah ke atas.

Sebenarnya ada alat khusus yang memang digunakan untuk mencengkram gergaji. Namun jika tidak ada, minta saja bantuan orang lain untuk memegangnya.

  1. Gesekkan

Sekarang adalah waktunya untuk menggesekkan kikir pada gergaji. Ketika penggesekan akan dilakukan, pastikan bahwa gergaji tersebut telah kering seluruhnya.

Jika ada air, ambil saja lap untuk menghilangkan semua air yang ada. Ketika menggesekkan kikir, lihat kemiringannya. Kemiringan terbaik adalah 30 derajat. 30 derajat sendiri bisa dilihat ketika gergaji dilihat dari samping.

  1. Pilih Urutan

Mengasah gergaji perlu dilakukan pada kedua sisi. Oleh sebab itu, pilihlah terlebih dahulu urutan pengasahannya. Gergaji sendiri adalah alat yang semua mata pisaunya berguna. Karenanya, pastikan setiap mata pisau mendapatkan gesekkan secara cukup.

Jika sulit ketika melakukan penggesekkan bolak balik, lakukan saja pengasahan dengan gesekan satu arah. Gesekan satu arah ini relatif lebih mudah. Itu karena, gesekan satu arah membutuhkan tenaga yang jauh lebih sulit.

  1. Balik Sisi

Jika salah satu sisi telah terasah, baliklah ke sisi sebaliknya. Lakukan proses serupa dan jangan lewatkan setiap mata pisau. Jika ingin lebih mudah, hitung jumlah gesekkan pada setiap mata pisau. Jumlah gesekkan sendiri tidak perlu terlalu banyak.

Sepuluh gesekkan per mata pisau sebenarnya sudah cukup. Sebenarnya, proses bolak balik sisi sendiri bisa dilakukan beberapa kali. Cara ini bisa membuat gergaji menjadi semakin tajam. Namun jika waktu yang dimiliki tidak banyak, menggesek sekali balikan juga bukan kesalahan.

  1. Tes Ketajaman

Tahap selanjutnya dalam cara mengasah gergaji potong yang benar adalah melakukan tes ketajaman. Ambillah kayu dan coba gunakan gergaji tersebut untuk memotong. Lihat apakah efektivitasnya berada pada kondisi baik atau tidak. 

Biasanya gergaji yang baru diasah akan bisa memotong kayu dengan mudah. Jika efektivitasnya dirasa sudah baik, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya. Namun jika efektivitasnya kurang, kembali saja ke tahap sebelumnya dan kembali asah gergaji.

Dengan mengulang proses pengasahan, ketajaman gergaji yang diinginkan pasti didapat. Selalu ingat agar tidak terlalu memaksakan ketika mengasah. Ini akan membuat ketebalan mata pisau menjadi lebih tipis.

  1. Bersihkan Gergaji

Jika ketebalannya dirasa sudah baik, sekaranglah waktu yang tepat untuk membersihkan gergaji. Karena gergaji baru saja diasah, pastikan keberadaannya tidak dijauhkan dengan air.

Jika sebelumnya pembersihan memakai lap basah masih diperbolehkan, pembersihan akhir ini tidak memperbolehkan penggunaan lap basah. Gunakan saja kuas untuk memastikan semuanya berada pada kondisi sempurna.

  1. Simpan

Tahapan akhir pada cara mengasah gergaji potong adalah penyimpanan. Simpanlah gergaji di tempat yang kering. Adalah kesalahan besar jika menyimpannya pada tempat lembab. Tempat lembab akan membuat kondisi gergaji menjadi kurang maksimal.

Perhatikan setiap tahapan di atas dan praktekkan secara berurutan. Dengan rinci ketika menjalankannya, cara mengasah gergaji potong yang benar di atas akan memberikan hasil sesuai harapan.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gergaji potong yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain gergaji potong, kami juga menyediakan alat pertukangan lainnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK