15 Feb 2022 Cara Merawat Gembok Biar Awet

Cara Merawat Gembok Biar Awet

Siapa yang tak tau gembok. Sebuah alat pengaman tambahan yang banyak digunakan orang untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika anda pergi selama beberapa hari saat akan berlibur atau mudik. Gembok akan digunakan agar lebih safety karena pada faktanya mengunci rumah saja masih dirasa kurang aman. Tidak hanya itu, fungsi gembok ini sangatlah fleksibel tergantung pada kebutuhan anda. 

Gunakanlah gembok yang sesuai dengan ketahanan dan kekuatannya. Kami rekomendasikan untuk memilih gembok dengan bahan kuningan yang kualitasnya mumpuni. Namun, ternyata gembok juga membutuhkan perawatan secara berkala agar tidak berkarat. Biasanya penyebab munculnya karat pada gembok disebabkan paparan sinar matahari, tetesan hujan dan butiran-butiran debu. Berikut kami rangkumkan untuk anda cara merawat gembok biar awet. 

1. Siapkan peralatan

Siapkan terlebih dahulu alat yang akan digunakan seperti Oli Pelumas atau minyak goreng, Tang, dan Tisue. Anda juga dapat menggunakan Pelumas modern jenis WD. Produk ini merupakan cairan pelumas dan pembersih yang tidak hanya dapat mencegah karat tapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan suara berderit pada engsel, dan membersihkan kerak pada mesin kendaraan.

2. Cek kondisi gembok terlebih dahulu.

Kemudian cek kondisi gembok terlebih dahulu. Usahakan saat  proses ini berlangsung agar  dilakukan di luar rumah saja supaya lantai rumah anda tidak terkena pelumas yang akan digunakan untuk membersihkan gembok. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

3. Teteskan pelumas

Langkah selanjutnya, teteskan pelumas oli, minyak goreng atau WD  pada lubang kunci dan area sekitar gembok. Teteskan Secukupnya saja ya, jangan terlalu berlebihan.

4. Diamkan beberapa menit

Setelah diteteskan, diamkan sekitar 5 menit agar pelumas bekerja dengan maksimal hingga membasahi per yang berada di dalam gembok. Anda dapat menggunakan alarm pada gadget kesayangan agar akurasi waktunya tepat sebagaimana mestinya.

5. Oleskan Pelumas 

Oleskan pelumas pada bagian batang kunci gembok. Anda dapat menggunakan kuas kecil agar lebih memudahkan saat mengoleskan pelumas. Usahakan lakukan dengan gerakan searah dan berulang.

6. Putar kunci gembok

Putar kunci gembok beberapa kali hingga dirasa lancar dan aman untuk  dipakai kembali. Jika masih sulit saat diputar akibat karat membandel, gunakan alat bantu tang untuk memudahkan. Lakukan dengan sangat hati-hati dan jangan terlalu memaksa agar tidak terjadi kerusakan pada gembok.

7. Bersihkan gembok dengan Tisu

Terakhir bersihkan gembok dari pelumas dengan menggunakan tisu. Usahakan jangan menggunakan selain dari pada tisue ya. Hal ini untuk menghindari gesekan antara kunci dan per yang ada di dalam gembok. Jika gembok sudah terlanjur usang dan berpotensi tidak dapat digunakan lagi, Duplikasikan kunci anda pada ahlinya tanpa perlu mengganti gembok yang sebelumnya.

Selain cara diatas, jika gembok anda sudah berkarat dapat dirawat tapi tidak menggunakan pelumas. Pertama-tama seka kerat dengan tisu, gosok bagian yang berkarat dengan ampelas grit 80. Jika karat tidak hilang menggunakan ampelas, maka  bilas kunci menggunakan air hangat. Keringkan dengan tisue, ambil wadah sesuai dengan ukuran gembok dan rendam dengan campuran bubuk soda kue dan air lemon. Larutan ini akan mengubah karat menjadi senyawa organik. Nah, sekarang gembok anda sudah bebas dari karat dan dapat berfungsi dengan baik. Lumayan bukan dapat menghemat pengeluaran tanpa harus menggantinya dengan gembok baru. Mulai sekarang rawatlah gembok  anda secara berkala biar awet.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gembok termasuk gembok dengan kode nomor. Mari simak gembok besi kami untuk melihat jenis gembok yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Share this article
BACK