02 Jan 2022

25 Tips Membuat Rumah Menjadi Hemat Energi Listrik

25 Tips Membuat Rumah Menjadi Hemat Energi Listrik

Sudah menjadi sifat alamiah manusia menjadi ketergantungan terhadap energi. Apalagi di era digital seperti saat ini, dari perekonomian hingga rumah tangga membutuhkan atau mengandalkan energi. Karena itulah manusia sering mengeksploitasi energi namun lalai bahwa sumber daya tersebut juga memiliki batasan pemakaian. Nah, inilah alibi kuat yang mendorong kami untuk mengulas perihal 25 tips membuat rumah menjadi hemat energi listrik agar dapat memunculkan kesadaran pembaca untuk menghemat energi.

Pengertian Energi

Energi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Energi yang berarti kemampuan untuk melakukan suatu usaha, kegiatan, aktivitas atau pekerjaan yang dapat membantu kehidupan manusia. Sementara itu menurut ahli (Arif Alfatah & Muji Lestari tahun 2009), energi merupakan sesuatu yang dapat membuat benda melakukan usaha. Alvin Hadiwono tahun 2007 juga menimpalkan bahwa energi adalah tentang semua hal yang dapat bergerak, berkaitan dengan ruang dan waktu.

Mengapa Harus Hemat Energi Listrik?

Alasan utama harus hemat energi adalah mengurangi beban alam agar tidak terjadi kerusakan atau pencemaran bahan penghasil tegangan listrik seperti uap PLTU dan PLTA serta batubara. Selain itu, saat kita menghemat energi maka tagihan listrik di rumah tidak akan mengalami pembengkakan. Polusi udara juga dapat berkurang dari hari ke hari.

25 Tips Membuat Rumah Menjadi Hemat Energi Listrik

  1. Jangan menghidupkan lampu disiang hari, matikan jika sudah tidak diperlukan lagi.

  2. Gunakan lampu yang hemat energi (LED) dan smart lamp LED

  3. Pasang Lampu di rumah anda seperlunya saja, jangan terlalu banyak memasang lampu karena dapat menyebabkan pemborosan. Usahakan satu ruangan hanya terdapat satu lampu LED.

  4. Cabut charger handphone atau laptop setelah digunakan, jangan membiarkan tercolok semalaman.

  5. Jika menggunakan kulkas atau lemari es, gunakan suhu ideal di kisaran 2oC– 4oC. 

  6. Maksimalkan penggunaan microwave setelah memasak, lalu cabut stekernya agar hemat energi.

  7. Pasang alat otomatis pada pompa air, sehingga saat terisi penuh akan mati secara otomatis.

  8. Matikan kran air setelah menggunakannya agar hemat energi listrik.

  9. Manfaatkan energi cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian, jangan menggunakan alat pengering yang ada pada mesin cuci. Sesekali dalam seminggu, anda juga dapat mencuci menggunakan tangan saja tanpa mesin cuci.

  10. Matikan AC atau kipas saat tidak ada lagi orang yang berada dalam ruangan.

  11. Gunakan panel surya 100 watt agar dapat menyimpan sinar matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

  12. Manfaatkan kaca film solar control untuk mengurangi intensitas cahaya matahari, sehingga ruangan tidak akan panas dan tidak menggunakan AC atau kipas angin.

  13. Untuk mengurangi penggunaan lampu dan pendingin ruangan, atur ventilasi di setiap ruangan.

  14. Gunakan timer pada TV, jadi jika anda lupa mematikan atau ketiduran saat menonton maka TV akan mati dengan sendirinya.

  15. Matikan rice cooker saat nasi sudah masak, jangan membiarkannya tetap hangat. Selain membuat energi boros, nasi hangat tidak baik untuk kesehatan.

  16. Masaklah nasi dengan menggunakan air panas agar nasi cepat matang.

  17. Hindari penggunaan dispenser secara berlebihan, cabut jika tidak lagi menggunakan air panasnya.

  18. Gunakan setrika yang sudah menerapkan pengatur panas otomatis.

  19. Jika anda mempunyai mobil, jangan terlalu sering mencuci mobil karena kran air akan hidup dalam jangka waktu yang lama.

  20. Beli barang elektronik yang sudah hemat energi

  21. Pasang gorden yang sesuai di rumah anda agar ruangan tidak panas dan hemat energi.

  22. Lakukan perawatan pada barang-barang elektronik anda secara rutin agar tetap dapat bekerja secara stabil

  23. Perbanyak menanam tumbuhan hijau di sekitar rumah agar rumah tetap sejuk

  24. Gunakan listrik prabayar jika anda mengalami kesulitan untuk mengontrol penggunaan listrik di rumah.

  25. Ajak seluruh anggota keluarga untuk menggalakkan hemat energi. Jika dilakukan bersama-sama, maka proses hemat energi akan berjalan secara optimal.

Itulah 25 tips membuat rumah menjadi hemat energi listrik. Tidak hanya dapat menekan pengeluaran anda, tapi dengan hemat energi juga dapat menyelamatkan bumi.

Demi menjaga rumah atau bangunan Anda tetap aman, silahkan hubungi Vinindo Corporation untuk mendapatkan gembok kunci yang berkualitas. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK