19 Oct 2020 Cara Merawat Engsel Pintu agar Selalu Kuat dan Tahan Lama

Cara Merawat Engsel Pintu agar Selalu Kuat dan Tahan Lama

Cara merawat engsel pintu bisa dilakukan dengan baik agar engsel pintu rumah Anda selalu kuat dan tahan lama. Pintu merupakan pembatas antar ruangan dan memiliki fungsi yang penting dalam sebuah rumah. Berbagai macam desain pintu hadir dan membutuhkan perawatan yang baik. Jadi, pintu akan menjadi lebih kuat dan menjadi lebih tahan lama.

Umumnya pintu hadir dalam berbagai jenis model dan desain. Pada pintu yang menggunakan engsel, biasanya sering timbul karat. Ini akan membuat pintu berbunyi berdecit bahkan macet ketika Anda tidak rajin membersihkannya. Jadi, Anda bisa melakukan perawatan engsel pintu dengan semaksimal mungkin agar terbebas dari macet.

5 Cara Merawat Engsel Pintu dengan Cara yang Mudah

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat engsel pintu. Mau tahu apa saja caranya? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Hindari engsel pintu dari kebasahan

Engsel pintu yang dipasang di luar rumah rentan akan basah karena air hujan. Jika terkena air terus menerus, ini akan membuat engsel pintu menjadi cepat berkarat. Jadi, pastikanlah Anda memilih jenis engsel pintu yang baik. Agar terhindar dari karat, cat lah bagian engsel pintu menggunakan cat anti air.

  1. Menggunakan cairan anti karat

Cara merawat engsel pintu yang sudah terlanjur berkarat bisa dilakukan dengan menggantinya terlebih dahulu. Setelah menggantinya dengan yang baru, semprot cairan anti karat. Ini akan membuat engsel pintu menjadi lebih awet dan tidak mudah macet. Namun, cara ini tidak perlu dilakukan untuk engsel pintu yang terbuat dari bahan plastic.

  1. Melakukan pembersihan secara rutin

Engsel pintu bukan hanya mudah berkarat karena cipratan air saja. Engsel juga bisa berkarat karena Anda tidak melakukan pembersihan secara rutin. Maka, bersihkanlah engsel pintu secara rutin menggunakan sikat. Jika kotoran menempel pada engsel jenis plastic, gunakan air sabun untuk membersihkannya.

  1. Menggunakan pelumas

Anda bisa melakukan oli pelumas ketika menjalankan cara merawat engsel pintu agar tidak mudah berkarat. Engsel pintu yang sudah berusia lama biasanya memang akan mengeluarkan bunyi yang aneh dan menganggu. Jika engsel pintu di rumah sudah mulai mengeluarkan bunyi, maka gunakanlah oli pelumas untuk mengatasinya.

  1. Ganti engsel pintu yang sudah rusak

Jika memang engsel pintu di rumah sudah sangat rusak dan bermasalah, jangan ragu untuk menggantinya. Gantilah dengan engsel pintu baru yang kokoh dan tahan lama. Bagaimanapun juga, engsel merupakan bagian dari pintu yang memiliki fungsi penting alias vital.

Cara Melumasi Engsel yang ada di Sebuah Pintu

Cara merawat engsel pintu bisa dilakukan dengan melakukan pelumasan sebaik mungkin. Pelumasan bisa dilakukan 6 bulan sekali. Ini akan membuat pintu Anda terbebas dari suara berderit yang menganggu. Langsung saja, inilah cara melumasi engsel pintu rumah agar terbebas dari suara deritan

  1. Memilih pelumas dengan benar

Pertama dan paling mendasar, Anda harus memilih produk pelumas yang baik. Pilihlah produk pelumas dengan ujung yang lancip. Jadi, Anda bisa mudah mengaplikasikannya pada bagian engsel pintu. Pelumas yang paling efektif adalah pelumas yang bisa bertahan pada bahan dasar litium maupun silicon.

  1. Mencari pin engsel

Pin biasanya tertanam pada dua sayap engsel. Ini bisa berupa pelat yang mendatar dan menempel di kusen maupun pintu. Sebelum melumasi engsel, carilah pin terlebih dahulu.

  1. Melepas pin dari kusen dan pintu

Cara merawat engsel pintu ketika akan melumasinya adalah melepaskan bagian pin dari pintu dan kusennya terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu hal yang cukup rumit. Maka, Anda bisa menggunakan alat bantu untuk melepaskannya.

Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan cairan khusus. Cairan ini biasanya digunakan dengan cara mengaplikasikannya dan mendiamkan selama kurang lebih 12 jam. Maka, pin pintu bisa terlepas dengan lebih mudah.

  1. Lakukan pelumasan

Jika pin sudah berhasil dilepaskan dari engsel pintu, Anda bisa segera melakukan pelumasan. Pelumasan bisa dilakukan setelah membersihkan seluruh bagian engsel dari kotoran maupun debu yang menempel. Selanjutkan, oleskan pada seluruh bagian pin dan engselnya. Pastikan engsel sudah dilumasi secara merata.

Cara Lain yang Digunakan untuk Melumasi Engsel Pintu

Selain cara yang ada di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk melumasi engsel yang ada pada pintu. Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah.

  1. Memasang pin engsel kembali

Jika proses pelumasan sudah selesai dilakukan, Anda bisa memasang kembali pin engsel. Setelah selesai, kini saatnya melakukan test. Cobalah untuk menggerakkan pintu dengan membuka serta menutupnya kembali. Anda harus memastikan bahwa pintu sudah tidak macet lagi.

Jika pintu masih mengalami kemacetan dan Anda masih mendengar bunyi deritan, maka lakukan pelumasan kembali pada bagian pin serta sayap. Pastikan pula engsel sudah bersih ketika Anda mengoleskan cairan pelumas. Cobalah kembali melakukan pengetesan.

Pintu yang menghasilkan deritan ketika dibuka dan ditutup tentunya akan sangat menganggu. Jadi, Anda bisa rajin untuk merawat engsel pintu mulai dari sekarang. Apapun bahan engselnya, ini akan menjadi lebih awet dan kuat jika Anda rajin melakukan perawatan. Lakukan tips dan cara merawat engsel pintu di atas dengan rajin dan teratur.

Share this article
BACK