01 Jul 2022

Kumpulan Tips Perkakas Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Kumpulan Tips Perkakas Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Tips perkakas rumah sering menjadi salah satu topik yang diminati oleh pasangan baru atau oleh seseorang yang menempati rumah baru. Tahukah Anda bahwa menyediakan perkakas rumah tangga merupakan hal yang sangat penting?

Kebanyakan orang mengabaikan pembelian perkakas rumah tangga yang mendasar seperti palu, obeng, gergaji, dan perkakas lain karena jarang digunakan. Namun, ketika Anda harus melakukan perbaikan kecil di rumah, perkakas rumah tangga tersebut akan sangat Anda butuhkan.

Perkakas rumah tangga rata-rata memiliki ukuran yang kecil, sehingga kadang keberadaannya terabaikan. Ukurannya yang bervariasi terkadang membuat Anda menyimpannya bercampur dengan peralatan dapur atau peralatan kebersihan rumah di laci atau lemari. Namun, justru penyimpanan yang kurang baik akan membuat perkakas rumah Anda menjadi lebih mudah rusak dan berkarat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips perkakas rumah tangga yang sekiranya Anda perlukan di rumah Anda ini:

Cara Menggunakan Meteran

Sumber foto: https://pixabay.com

Meteran merupakan alat seperti penggaris dengan panjang roll sekitar 25-50 meter. Material yang digunakan untuk meteran pada umumnya berupa plastik atau plat besi pipih. Satuan ukuran yang digunakan pada meteran adalah mm atau cm, feet atau inch. Meteran ini berfungsi mengukur jarak atau panjang suatu benda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari meteran:

Fungsi Lubang pada Ujung Meteran

Setiap meteran memiliki lubang oval pada ujungnya, yang dapat digunakan untuk dicantolkan pada paku atau baut saat Anda ingin menggunakan meteran supaya hasilnya tepat.

Fungsi Gerigi pada Bagian Ujung Meteran

Gerigi pada ujung meteran berfungsi untuk memberikan tanda pada permukaan yang akan diukur. Gerigi tersebut dapat digoreskan pada permukaan benda yang diukur untuk membuat sebuah tanda.

Fungsi Bagian Ujung yang Longgar pada Meteran

Ujung meteran yang berbahan besi memang dibuat longgar untuk memastikan pengukuran lebih presisi.

Fungsi Angka pada Body Meteran

Angka pada body meteran dinyatakan dalam satuan cm atau inch. Angka tersebut yang akan menunjukkan panjang dari body meteran. Angka tersebut berfungsi sebagai penanda ukuran yang memiliki sudut.

Anda dapat memperoleh informasi tips perkakas rumah yang lebih lengkap mengenai meteran bisa Anda baca pada artikel Cara Menggunakan Meteran Agar Terukur dengan Tepat.

Tips Memilih Gergaji Tangan

Sumber foto: https://pixabay.com

Tips perkakas rumah berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah mengenai pemilihan gergaji tangan yang baik. Gergaji adalah salah satu perkakas yang wajib dimiliki. Gergaji merupakan perkakas yang memiliki ujung bergigi tajam yang dapat digunakan untuk memotong kayu atau besi. Berikut ini adalah beberapa tips memilih gergaji tangan yang bisa Anda simak:

Pilih Gergaji Tangan Sesuai Fungsinya

Gergaji tangan akan selalu bagus dan awet jika digunakan sesuai dengan fungsinya. Jika Anda menggunakan gergaji triplek atau coping saw untuk memotong besi, pakai gergaji akan cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Berikut ini adalah jenis-jenis gergaji yang bisa Anda pilih sesuai dengan kegunaannya.

  • Rip Saw

  • Cross-Cut Saw

  • Coping Saw

  • Hacksaw

  • Keyhole Saw

Tips Merawat Gergaji Tangan

Supaya gergaji tangan tetap terawat dengan baik meskipun hanya disimpan, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini untuk merawatnya:

  • Tutupi mata gergaji menggunakan pelindung.

  • Gantung gergaji pada dinding.

  • Asah mata gergaji dengan rutin.

  • Gunakan gergaji tangan sesuai dengan fungsinya.

Anda dapat membaca tips yang lebih lengkap pada artikel Tips Memilih Gergaji Tangan yang Bagus.

Cara Menghasilkan Potongan Lurus dan Rapi Hanya dengan Gergaji

Sumber foto: https://pixabay.com

Tips perkakas rumah berikutnya yang akan kami jabarkan adalah mengenai cara memotong triplek menggunakan gergaji tangan supaya potongan yang dihasilkan lurus dan rapi.

Triplek merupakan kayu lapis seperti papan pabrikan yang setiap lapisannya direkatkankan. Bahan triplek ini biasa digunakan oleh produsen furniture untuk membuat perabotan rumah seperti meja, rak, lemari, dan lain sebagainya.

Triplek memiliki beragam tipe dengan ketebalan yang berbeda. Memotong sebuah triplek tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Permukaan triplek yang tipis dan lebar lebih rawan patah, sehingga pemotongan yang asal dapat membuat hasil potongan menjadi tidak rapi dan tidak lurus. Triplek dipotong dengan cara memperhatikan arah serat triplek supaya lapisan vinyl tidak mengelupas. Simak tips berikut ini untuk memotong triplek dengan hasil yang rapi:

Gunakan Gergaji Khusus untuk Triplek

Triplek biasanya dipotong menggunakan gergaji khusus yang berjenis jigsaw. Gergaji jigsaw tersebut memiliki susunan mata gerigi yang telah disesuaikan dengan karakteristik triplek. Anda juga dapat menggunakan gergaji jenis table circle saw, namun permukaan triplek harus diletakkan pada posisi yang rata.

Haluskan Permukaan Luar Triplek

Beberapa jenis triplek memiliki permukaan yang bergelombang, berlubang, dan bahkan melengkung karena terkena panas dan hujan. Namun ada pula triplek yang permukaannya rata dan halus. Selain terkena panas dan hujan, permukaan triplek yang tidak rata dan tidak halus bisa disebabkan oleh cacat produksi, benturan saat pengiriman atau pendistribusian, maupun karena usia penggunaan triplek yang sudah lama. Oleh karena itu, Anda lebih baik menghaluskan sisi luar permukaan triplek terlebih dahulu sebelum memotongnya.

Pasanglah Selotip pada Garis Potong

Saat memotong triplek, hal yang sangat rawan terjadi adalah mengelupasnya lapisan vinyl pada triplek. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menempelkan selotip pada sepanjang garis potong triplek tersebut. Pemasangan selotip bertujuan untuk menahan serat permukaan triplek, supaya lapisan vinylnya tidak terkelupas pada saat dipotong.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil potongan yang berkualitas tinggi. Namun metode penempelan selotip pada garis potong triplek hanya dapat dilakukan jika yang dipotong skalanya kecil saja.

Landasi Triplek dengan Kayu

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh hasil pemotongan triplek yang rapi adalah dengan menggunakan alas kayu saat memotong. Alas kayu juga dapat berguna sebagai tumpuan untuk menahan beban triplek supaya posisi triplek tersebut kuat dan tetap stabil dan tidak mengalami keretakan.

Informasi lebih lengkap mengenai cara memotong triplek dapat Anda baca pada artikel berjudul Cukup dengan Gergaji, Hasil Potong Bisa Lurus dan Rapi.

Itulah beberapa tips perkakas rumah yang dapat Anda baca dan perhatikan dengan saksama. Masih ada banyak lagi tips-tips bermanfaat mengenai perkakas rumah yang dapat Anda baca, supaya pengetahuan dasar Anda mengenai kebutuhan perkakas di rumah Anda menjadi lebih maksimal.

Untuk mendapatkan perkakas rumah, Anda bisa temukan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan perkakas rumah. Kami menyediakan perkakas rumah dengan lengkap dan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK