01 Jul 2022 Cara Memasang Engsel Pintu yang Mudah? Simak Penjelasan Berikut!

Cara Memasang Engsel Pintu yang Mudah? Simak Penjelasan Berikut!

Pintu adalah benda yang menjadi penghubung antara ruangan yang satu dengan yang lain dalam sebuah rumah. Pintu dengan beragam desain dan warna tetap membutuhkan perawatan yang baik supaya tetap awet. Namun ada kalanya engsel pintu di rumah Anda rusak karena sudah tua atau karena sebab lainnya. Anda tentu perlu mengetahui cara memasang engsel pintu dan memperbaikinya jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut.

Engsel pintu bisa berkarat karena usia, dan menimbulkan suara berdecit sampai macet. Selain usia engsel yang tua, penyebab lain munculnya karat, pintu yang macet, dan suara berdecit adalah karena engsel pintu jarang dibersihkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan disajikan informasi mengenai cara memasang engsel pintu sampai cara merawat engsel pintu supaya tetap awet.

Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu Rumah Anda

Sumber foto: https://pixabay.com

Saat ini, semakin banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara memasang engsel pintu atau cara mengganti engsel pintu. Keterampilan memasang dan mengganti engsel pintu termasuk salah satu keterampilan dasar yang perlu diketahui oleh seorang pemilik rumah. Dengan begitu Anda akan semakin dimudahkan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada engsel pintu tanpa harus memanggil tukang.

Apa Itu Engsel Pintu?

Engsel pintu merupakan benda yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat umum. Engsel pintu merupakan sebuah poros mekanik yang menghubungkan dua objek padat. Dengan menggunakan poros mekanik ini, perputaran sudut antara dua objek dapat terjadi walau terbatas. Poros mekanik ini merupakan terobosan teknologi yang memiliki pengaruh besar.

Poros mekanik yang disebut juga engsel ini telah digunakan sejak tahun 1600 CM, dan telah ditemukan di antara peninggalan bangsa Mesir kuno pada tahun 650 sampai 760 SM. Melalui penemuan tersebut dapat diketahui bahwa poros mekanik atau engsel merupakan hal yang cukup penting.

Peran dari Engsel Pintu

Engsel pintu memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar dan penting. Dengan menggunakan engsel, Anda lebih mudah membuka atau menutup pintu di rumah Anda. Selain itu dengan adanya engsel, dapat menghindarkan bahaya rumah Anda dimasuki oleh pencuri.

Cara Memasang Engsel Pintu dengan Benar

Supaya engsel pintu dapat berfungsi dengan baik, tentu saja Anda harus memasangnya dengan benar. Untuk mengetahui cara memasang engsel pintu dengan benar, Anda bisa memperhatikan cara-cara pemasangan engsel pintu di bawah ini:

  • Menentukan letak engsel pintu, Anda perlu menentukan pada dinding atau kusen pintu bagian mana engsel tersebut akan Anda hubungkan ke pintu.

  • Membuat pola pada area yang akan Anda pasangkan engsel pintu.

  • Membuat lubang dangkal sesuai dengan pola engsel pintu yang telah Anda tentukan sebelumnya.

  • Setelah lubang dangkal telah dibuat sesuai dengan ukuran engsel pintu yang akan Anda gunakan, Anda bisa menandai letak sekrup dengan menggunakan pensil. Tanda letak sekrup dapat Anda berikan pada kusen dan daun pintu yang akan dipasang.

  • Langkah selanjutnya adalah membuat lubang sekrup pada titik yang telah Anda tandai sebelumnya pada kusen dan daun pintu.

  • Setelah lubang sekrup selesai dibuat, Anda bisa mulai memasang engsel pada daun pintu terlebih dahulu.

  • Setelah engsel terpasang dengan baik pada daun pintu, Anda bisa menghubungkan engsel tersebut pada kusen pintu. Pasang engsel pada lubang sekrup yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Pastikan pemasangan kencang dan tidak longgar.

Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai cara memasang atau mengganti engsel pintu pada artikel yang berjudul Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu.

Cara Merawat Engsel Pintu di Rumah Anda

Sumber foto: https://pixabay.com

Engsel pintu di rumah Anda tetap harus dirawat supaya tetap kuat, tahan lama, dan terbebas dari karat. Pintu yang menggunakan engsel, rawan menimbulkan karat pada engselnya. Jika karat sudah mulai bermunculan, biasanya pintu akan berbunyi berdecit saat dibuka ataupun ditutup. Tak jarang, akhirnya engsel pintu macet tidak dapat dibuka maupun ditutup karena karat yang semakin parah.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan disajikan beberapa tips mengenai cara merawat engsel pintu di rumah Anda, yang mudah Anda terapkan sehari-hari.

Cara Merawat Engsel Pintu dengan Mudah

Terdapat beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat engsel pintu di rumah Anda, yaitu:

  • Jauhkan engsel pintu dari air, dan jangan sampai basah.

  • Gunakan cairan anti karat pada engsel pintu secara rutin.

  • Bersihkan engsel pintu secara rutin menggunakan lap atau sikat.

  • Gunakan pelumas pada engsel pintu jika engsel pintu mengeluarkan bunyi.

  • Gantilah engsel pintu yang sudah rusak, supaya pintu Anda tidak ikut rusak.

Cara Melumasi Engsel Pintu

Salah satu cara untuk merawat engsel pintu adalah dengan memberi pelumas minimal 6 bulan sekali. Tujuan memberikan pelumas pada engsel pintu adalah supaya pintu Anda terbebas dari suara berdecit yang mengganggu. Berikut ini adalah cara melumasi engsel pintu yang dapat Anda lakukan:

  • Memilih pelumas dengan benar, pilihlah produk pelumas dengan ujung yang lancip supaya lebih mudah diaplikasikan pada engsel pintu.

  • Langkah selanjutnya adalah mencari pin engsel. Pin engsel biasanya tertanam pada kedua sayap engsel. Pin ini berupa pelat mendatar yang menempel pada kusen maupun pintu.

  • Berikutnya adalah melepas pin dari kusen dan pintu. Hal tersebut perlu Anda lakukan supaya pengaplikasian pelumas lebih baik.

  • Jika pin berhasil dilepas dari engsel, Anda bisa melakukan pelumasan pada engsel tersebut. Jangan lupa membersihkan engsel dari debu dan kotoran sebelum melakukan pelumasan ini.

Anda dapat membaca cara lengkap merawat dan melumasi engsel pintu dengan membaca artikel yang berjudul Cara Merawat Engsel Pintu agar Selalu Kuat dan Tahan Lama.

Perhatikan Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu Berikut Ini!

Sumber foto: https://pixabay.com

Setiap jenis pintu akan menggunakan engsel pada bagian ujungnya supaya pintu dapat dibuka dan ditutup. Proses pemasangan dan penggantian engsel pintu biasanya dilakukan oleh seorang tukang yang sudah ahli dan terbiasa melakukan pemasangan dan penggantian engsel pintu. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri jika berada dalam kondisi yang mendesak.

Supaya Anda bisa memasang dan mengganti engsel pintu sendiri tanpa harus memanggil tukang, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini supaya pemasangan engsel tersebut baik dan benar.

Perhatikan Letak Engsel

Engsel yang digunakan untuk menempelkan daun pintu pada kusen biasanya terdiri dari minimal 2 buah dan diletakkan secara terpisah. Engsel pertama diletakkan sekitar 17,5 cm dari bagian atas kusen pintu, dan 27,5 cm dari bagian bawah kosen atau lantai. Anda harus mengukur jarak tersebut kemudian menandainya pada kusen dan daun pintu.

Buatlah Lubang Sekrup

Anda bisa menandai lubang sekrup kemudian melubanginya terlebih dahulu untuk mempermudah pemasangan engsel pada daun pintu dan kusen. Anda harus memastikan lubang sekrup tersebut posisinya tepat dan tidak meleset.

Sambungkan Daun Pintu pada Kusen

Tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyambungkan daun pintu yang telah dipasangi engsel pada kusen, dan memasangkan sekrup pada engsel di kusen tersebut. Pastikan engsel pintu menyatu dengan baik dan terpasang sejajar, kemudian Anda bisa memasang pin engsel pintunya.

Coba Kondisi Pintu Setelah Pemasangan

Setelah pin engsel sudah dimasukkan, Anda bisa mengecek dan mencoba menggerakkan daun pintu, supaya Anda dapat menentukan apakah engsel tersebut telah terpasang dengan baik atau belum.

Selalu Gunakan Pengganjal

Anda perlu menggunakan pengganjal khusus, terutama pengganjal pintu saat sedang memasang atau mengganti engsel pintu. Supaya lebih memudahkan Anda dalam memasang daun pintu dan menahannya supaya tidak terjatuh saat sedang membuka atau memasang engsel.

Tahapan lengkap mengenai cara memasang engsel pintu dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Perhatikan Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu yang Benar.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai cara memasang engsel pintu dan cara merawat engsel pintu di rumah Anda, supaya engsel pintu yang Anda gunakan di setiap pintu di rumah Anda tetap kuat dan tahan lama, serta bebas dari karat.

Jika anda membutuhkan rekomendasi engsel pintu dengan kualitas terbaik, temukan produknya di Vinindo Corporation. Vinindo Corporation menjual berbagai macam engsel pintu stainless steel yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain engsel pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK