27 Jul 2022

Buka Gembok Tanpa Kunci? Intip Caranya Agar Tidak Kemalingan!

Buka Gembok Tanpa Kunci? Intip Caranya Agar Tidak Kemalingan!

Gembok merupakan salah satu jenis sistem keamanan yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menjaga keamanan rumah, gudang penyimpanan, hingga berbagai gedung perkantoran. Bahkan, tidak jarang saat ini penggunaan gembok sebagai sistem keamanan juga telah memadukan berbagai kemajuan teknologi seperti fingerprint atau sidik jari dan sandi numerik atau angka. Meskipun demikian, oknum-oknum tidak bertanggung jawab tetap dapat menemukan berbagai metode yang sesuai untuk membobol sistem keamanan gembok, bahkan meski telah dilengkapi teknologi canggih sekalipun. Karenanya, Anda perlu mengenali berbagai cara membuka gembok tanpa kunci untuk dapat mengantisipasi berbagai tindakan oknum tidak bertanggung jawab.

Artikel berikut akan membahas mengenai berbagai cara membuka gembok pintu tanpa kunci. Informasi dan penjelasan lengkapnya dapat Anda simak berdasarkan paparan berikut.

Membuka gembok menggunakan peniti

Peniti juga bisa menjadi cara membuka gembok tanpa kunci. Anda bisa menggunakan peniti, kawat atau jepit rambut yang dibentuk memanjang. Lalu masukkan ujung peniti perlahan dan sentakkan sedikit agar memberi tekanan kepada gembok. Lakukan berulang hingga gembok yang terkunci mulai terbuka.

Membuka gembok menggunakan gergaji besi

Cara membuka gembok tanpa kunci yang dapat Anda terapkan sebagai salah satu cara antisipasi tindak pencurian di antaranya yaitu dengan menggunakan gergaji besi. Metode ini merupakan salah satu cara paling mudah karena pencuri hanya tinggal menggergaji bagian shackle pintu hingga benar-benar terlepas.

Waktu yang digunakan untuk membuka gembok pada pintu cukup beragam dan bervariasi. Hal itu dipengaruhi oleh ketebalan masing-masing gembok rumah. Sehingga, semakin tipis gembok rumah, sistem keamanan pun dapat diakses dengan semakin cepat dan mudah.

Membuka gembok menggunakan palu

Selain menggunakan gergaji besi, terdapat cara membuka gembok tanpa kunci dengan menggunakan palu. Namun, sebaiknya Anda hanya melakukannya dalam kondisi mendesak saja, ya. Sebab, gembok akan rusak jika Anda buka paksa dengan palu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pukul gembok pada bagian sambungkan kunci yang berbentuk U.
  • Pukul bagian tersebut beberapa kali sampai gembok terbuka.

Membuka gembok menggunakan gerinda

Cara lain yang dapat Anda terapkan untuk membuka gembok rumah tanpa menggunakan kunci yaitu adalah dengan menggunakan gerinda. Hal tersebut karena gerinda merupakan salah satu jenis alat pemotong yang mampu membelah hampir semua bahan material. Sehingga, menggunakan gerinda untuk membuka keamanan gembok tanpa kunci bukanlah merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Meskipun demikian, cara ini termasuk salah satu metode yang cukup berisiko.

Membuka gembok menggunakan kawat

Cara Membuka Gembok Tanpa Kunci dengan Menggunakan Kawat

Membuka sistem keamanan gembok dengan menggunakan kawat merupakan salah satu hal yang telah cukup populer di kalangan masyarakat karena menggunakan alat yang mudah didapatkan dan cara yang relatif mudah untuk dilakukan. Kawat yang digunakan dapat menggunakan kawat penjepit kertas yang diulik agar membentuk kunci. Ketahui langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Sediakan dua buah penjepit kertas, kemudian bentuk penjepit kertas pertama menyerupai ujung kail pancing.

  • Setelah terbentuk, tarik lengkungan kawat ke atas.

  • Luruskan kawat hingga bentuknya menyerupai gantungan.

  • Selanjutnya gunakan tang untuk meratakan bagian ujung kawat, lalu bengkokkan bagian ujung kawat ke atas.

  • Pada bagian kawat kedua, Anda dapat mengambil penjepit kertas dan membuka bagian atasnya. Kemudian lekukkan hingga membentuk seperti ujung tempat gantungan.

  • Kawat kedua ini kemudian akan digunakan bersama dengan kawat pertama sebagai pelengkap bagian kunci bagian bawah gembok.

  • Setelah kawat kedua masuk, tarik ke bagian bawah secara berulang-ulang hingga gembok dapat terbuka.

Membuka gembok menggunakan obeng

Cara Membuka Gembok Tanpa Kunci dengan Menggunakan Obeng

Untuk membuka gembok keamanan rumah, Anda juga dapat menggunakan obeng yang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran mata. Bahkan, dalam beberapa kasus, obeng dengan mata kecil dapat membuka gembok tanpa adanya kunci dengan mudah.

Caranya yaitu Anda cukup dengan memasukkan ujung obeng minum dan menggoyang-goyangkan isi gembok hingga benar-benar terbuka.

Baca juga: Tutorial Memasang Grendel dengan Mudah

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara membuka gembok tanpa kunci. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi bagi Anda untuk mengantisipasi berbagai jenis tindak kejahatan yang mungkin dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dalam upaya membobol gembok rumah.

Jika Anda sedang mencari gembok dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual gembok pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti door closer, gagang pintu, hak angin dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK