15 Mar 2022

Gembok dan Kunci Gembok Berkarat, Gimana Cara Mencegahnya?

Gembok dan Kunci Gembok Berkarat, Gimana Cara Mencegahnya?

Apa itu gembok? Gembok adalah salah satu elemen penyempurna pagar atau pintu agar lebih terjamin keamanannya. Tanpa adanya gembok, keamanan rumah dianggap hilang sebab fungsi keamanan pagar atau pintu rumah muncul dari sisi visual gembok.  Jika anda tidak melengkapinya dengan gembok, pagar atau rumah akan sangat gampang ditembus oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Tahukah Anda bahwa gembok juga memerlukan perawatan khusus saat Anda menggunakannya. Sebab gembok yang terus menerus terpapar rentan terhadap karat atau korosi. Hingga mencapai titik dimana gembok dan anak gembok sulit digunakan seperti biasanya. Meskipun demikian belum tentu gembok dan anak gembok rusak sepenuhnya. Sebelum kejadian tersebut terjadi pada gembok dan anak gembok yang Anda miliki, cegahlah dengan mengikuti langkah berikut ini.

Alat yang Harus Disiapkan

  • Pelumas oli atau minyak goreng

  • Tang yang berfungsi dengan baik

  • Tissue secukupnya

Cara Pencegahan Gembok Berkarat

  1. Gunakan Pelumas

wadah minyak

Langkah pertama, Siapkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Setelah itu melumasi gembok menggunakan oli atau minyak goreng. Lakukan pengolesan secara merata pada gembok. Diamkan beberapa menit agar pelumas bekerja dengan sempurna hingga menjangkau per yang berada di dalam gembok. 

  1. Oleskan Pelumas pada Gembok

Setelah itu, oleskan kembali pelumas yang anda gunakan, boleh minyak goreng atau oli ya. Lalu Oleskan juga pada batang kunci. Berikan pelumas secukupnya saja. Jangan berlebihan dalam pengaplikasiannya. Tahukah Anda kenapa oli atau minyak goreng dapat mencegah proses karat atau korosi?  Besi tidak akan mengalami korosi atau karat jika tidak terjadi reaksi reduksi dan oksidasi. Agar reduksi tidak terjadi, besi tidak boleh berinteraksi langsung dengan oksigen. 

Nah, pelumas tersebut tidak mengandung oksigen. Sehingga larutan ini akan menghalangi kontak secara langsung antara besi dengan oksigen di udara. Tanpa adanya oksigen, proses karat tidak akan terjadi. Jadi tidak heran jika banyak orang menggunakan pelumas minyak atau oli sebagai pilihan tepat pencegahan karat pada gembok dan anak gembok

  1. Putar Kunci Gembok

Putar kunci hingga dapat anda gunakan kembali. Jika tidak berputar, gunakan alat bantu tang hingga kunci dapat berputar. Jika sudah melakukan dengan baik, namun kunci tetap macet maka anda harus menggunakan alat bantu tang. Tapi ingat ya, jangan terlalu dipaksa sebab dapat membuat kunci menjadi patah. Alhasil tidak dapat anda gunakan kembali. Walaupun prosesnya terlihat mudah, faktanya tidak sembarangan loh. Butuh kehati-hatian supaya tujuan anda tercapai sesuai harapan. 

  1. Bersihkan Dengan Tisu

tissue

Setelah Langkah tersebut selesai, bersihkan gembok dan anak gembok menggunakan tisu yang telah anda sediakan sebelumnya. Minyak tidak akan menyatu dengan air. Walaupun dicuci akan meninggalkan rasa licin pada gembok. Itulah kenapa lebih baik di lap saja menggunakan tisu karena hasilnya lebih maksimal. Jika tidak ada tisu, gunakan lap kering yang lembut untuk membersihkan pelumas pada gembok. 

Cara di atas juga dapat mengurangi gesekan kunci dengan per yang terdapat pada gembok. Dengan melakukan pelumasan, gembok akan berfungsi lebih lama. Namun, apabila tidak dapat berfungsi dengan baik, Anda dapat melakukan duplikasi anak gembok tanpa harus mengganti gemboknya. Pada dasarnya gembok memang membutuhkan perawatan. Apabila dibiarkan mengering terlalu lama, terjadi gesekan antara anak kunci dan per yang berada dalam gembok.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gembok termasuk gembok dengan kode nomor. Mari simak gembok besi kami untuk melihat jenis gembok yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK