29 Jul 2022 Cara Memperbaiki Engsel Pintu yang Perlu Anda Ketahui

Cara Memperbaiki Engsel Pintu yang Perlu Anda Ketahui

Pintu rumah yang baru saja dipasang tentu sangat mudah dibuka dan ditutup, bahkan tidak akan terdengar bunyi yang mengganggu. Namun, seiring berjalannya waktu, pintu yang berkualitas terbaik pun lama kelamaan akan semakin tua dan rapuh. Hal tersebut akan menyebabkan pintu sulit dibuka dan ditutup, karena engsel pintunya sudah tua, aus, bahkan berbunyi saat dibuka atau ditutup.

Kerusakan yang terjadi pada engsel pintu atau jendela rumah umumnya disebabkan oleh karat, sehingga engsel tersebut menjadi seret, atau bahkan longgar, dan berbunyi. Untuk mengatasi permasalahan pada engsel pintu dan jendela di rumah Anda, dalam artikel ini disajikan mengenai bagaimana cara memperbaiki engsel pintu tersebut. Simak penjelasan berikut ini:

Berikut Ini Cara Memperbaiki Engsel Pintu yang Rusak

Sumber foto: https://pixabay.com

Pintu di setiap rumah pasti berbeda-beda, baik dari bahan materialnya, model, bahkan bentuk pintunya. Pintu yang sudah digunakan dan terpasang selama bertahun-tahun pasti suatu saat akan rusak, terutama pada bagian engsel pintunya.

Penyebab kerusakan pada pintu banyak sekali, salah satunya adalah karena engsel pintu kurang diberi pelumas sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda dapat memperbaiki kerusakan pada engsel pintu sendiri tanpa perlu memanggil tukang. Berikut ini adalah tahapan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki engsel pintu yang rusak.

Mempersiapkan Engsel Pengganti yang Baru

Anda bisa menggunakan engsel dengan merek dan ukuran yang sama supaya tidak perlu mengubah dudukan engsel yang sudah tersedia. Karena mengubah dudukan engsel akan mempengaruhi kinerja engsel menjadi tidak sekokoh pada saat awal pemasangan.

Biarkan Pintu Setengah Terbuka

Untuk memperbaiki engsel pintu, Anda bisa membiarkan pintu terbuka setengah untuk melepas engsel yang lama. Jika pintu dibuka terlalu lebar, dikhawatirkan engsel pintu akan semakin tergeser.

Mengganjal Bagian Bawah Daun Pintu

Berikutnya Anda bisa mengganjal bagian bawah daun pintu menggunakan kayu, spons, kardus, atau dengan benda lainnya sesuai jarak antara daun pintu dan lantai.

Mempersiapkan Obeng Minus dan Palu

Selanjutnya Anda bisa mempersiapkan obeng dan palu untuk mengganti engsel yang lama. Perhatikan, jangan sampai salah menggunakan kedua alat tersebut, sesuaikan dengan sekrup yang digunakan pada engsel pintu Anda.

Membuka Penutup Engsel Menggunakan Obeng

Langkah berikutnya, Anda bisa membuka bagian atas dan bagian bawah engsel dengan menggunakan obeng. Lakukan dengan penuh kehati-hatian.

Masukkan Paku Pada Lubang Bekas Engsel

Setelah engsel terlepas, Anda perlu memasukkan paku berukuran 7 cm dan memasukkannya kembali ke dalam lubang engsel. Selain paku, Anda juga bisa menggunakan besi panjang yang berukuran sama dengan paku sebagai alternatif pengganti.

Pukul Paku Perlahan untuk Mengeluarkan As Engsel

Berikutnya Anda bisa memukul bagian atas paku yang telah dimasukkan ke dalam penutup engsel dengan menggunakan palu. Lakukanlah dengan perlahan untuk menghindari kerusakan pada engsel dan kusen pintu.

Lepaskan Daun Pintu dari Dudukannya

Setelah as engsel berhasil terlepas, Anda bisa menggeser pintu sampai terlepas dari dudukan engsel. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk melepaskannya karena daun pintu biasanya cenderung berat dan sulit untuk dilakukan sendiri.

Membuka Semua Baut yang Mengikat Engsel

Langkah berikutnya, Anda bisa mengikat engsel pada daun pintu dan kusen pintu satu per satu, kemudian simpan baut tersebut pada tempat yang mudah terlihat supaya tidak tercecer atau hilang.

Pasang Engsel yang Baru

Tahap selanjutnya adalah Anda bisa memasang engsel pintu yang baru dengan hati-hati. Lebih baik Anda menggunakan baut yang baru, supaya dapat berfungsi dengan baik daripada baut yang lama.

Anda dapat membaca kelanjutan cara memperbaiki engsel pintu yang rusak dalam artikel yang berjudul Cara Membenarkan Engsel Pintu yang Rusak.

Perbaiki Engsel Pintu yang Berdecit dengan Langkah-Langkah Ini!

Sumber foto: https://pixabay.com

Jika Anda mendengar suara yang berdecit dari engsel pintu di rumah Anda, berarti ada permasalahan pada engsel pintu tersebut dan harus segera Anda perbaiki. Karena engsel pintu yang terus-menerus berdecit akan membuat Anda dan seluruh penghuni rumah Anda terganggu.

Memperbaiki engsel pintu yang berdecit mudah untuk dilakukan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memperbaiki engsel pintu yang berdecit:

Langkah-Langkah untuk Memperbaiki Engsel Berdecit

Anda dapat memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki engsel pintu di rumah Anda yang berdecit, supaya engsel pintu di rumah Anda menjadi bagus kembali:

  • Mengeluarkan pin dari lubang engsel.

  • Melumasi lubang lubang pin pada engsel pintu.

  • Membersihkan dan melumasi pin dengan menggunakan minyak.

  • Memasang kembali pin ke dalam lubang engsel.

  • Mengencangkan sekrup pada kaki engsel.

Tips untuk Perawatan Engsel Supaya Tidak Rusak dan Berdecit

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat engsel pintu di rumah Anda supaya tidak mudah rusak dan berdecit:

  • Menghindari engsel dari basah.

  • Rutin membersihkan engsel pintu.

  • Menggunakan oli pelumas untuk engsel.

  • Menyemprotkan cairan anti karat pada engsel pintu.

Penjelasan lengkap mengenai poin-poin di atas dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Engsel Pintu Berdecit? Perbaikilah dengan 5 Langkah Pintar Ini.

Cara Mudah untuk Mengatasi Engsel Pintu yang Berbunyi

Sumber foto: https://pixabay.com

Engsel pintu yang berbunyi menandakan adanya sebuah masalah pada pintu atau engsel pintu di rumah Anda. Kebanyakan orang menganggap sepele engsel pintu yang berbunyi, walau permasalahan engsel pintu tersebut cukup mengganggu dan membuat penghuni rumah menjadi kurang nyaman.

Berikut ini akan disajikan mengenai cara yang mudah bagi Anda untuk mengatasi engsel pintu yang berbunyi di rumah Anda:

Mencari Tahu Apa Penyebabnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika engsel pintu rumah Anda berbunyi adalah mencari tahu penyebabnya, pada umumnya penyebab engsel pintu berbunyi adalah sebagai berikut:

  • Daun pintu bersentuhan langsung dengan permukaan lantai atau atap.

  • Engsel yang sudah berkarat.

  • Pemasangan pin engsel longgar.

  • Engsel pada pintu sudah aus dan terlalu lama digunakan.

Melakukan Penanganan yang Tepat

Ketika Anda sudah mengetahui penyebab pasti mengapa engsel berbunyi, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat atas penyebab tersebut, cara penanganannya adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki posisi engsel jika pemasangannya kurang tepat.

  • Menguatkan sekrup menggunakan obeng jika engsel yang terpasang kurang kuat.

  • Mengganti bagian engsel pintu yang berkarat atau aus.

  • Melumasi engsel pintu dengan bahan berbasis minyak supaya lebih mudah digerakkan.

Membersihkan Debu dan Kotoran dari Engsel Pintu

Jika semua sumber permasalahan sudah teratasi, Anda bisa membersihkan engsel pintu sebagai salah satu bentuk perawatan engsel supaya tetap bersih dan tidak berbunyi lagi saat digerakkan.

Anda dapat membaca cara membersihkan debu dan kotoran dari engsel pintu pada artikel yang berjudul 3 Cara Mudah untuk Mengatasi Engsel Pintu yang Berbunyi.


Jika Anda sedang mencari engsel pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual engsel pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti door closer, gagang pintu, hak angin dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK