09 Aug 2022

Perhatikan Manfaat Waterpass D-Xplore Berikut Ini!

Perhatikan Manfaat Waterpass D-Xplore Berikut Ini!

Waterpass merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan apakah sebuah benda atau garis berada dalam posisi yang rata, baik secara vertikal, horizontal, ataupun diagonal.

Waterpass ini memiliki beragam jenis, terutama waterpass yang biasa digunakan dalam kegiatan pertukangan, namun jenis yang paling sering digunakan adalah waterpass dengan panjang 120 cm dan terbuat dari bahan kayu dengan tepian yang terbuat dari kuningan.

Proses pengukuran menggunakan waterpass pada dunia konstruksi ataupun dunia pertukangan, biasanya menggunakan istilah levelling atau waterpassing.

Cara Menggunakan Waterpass D-Xplore

Sebenarnya cara menggunakan waterpass sangat sederhana, yaitu dengan menempatkan permukaan alat waterpass tersebut pada permukaan benda yang akan dicek tingkat kemiringan atau kerataannya. Waterpass, pada dasarnya adalah alat ukur tanah yang bekerja dengan memanfaatkan keberadaan garis sumbu teropong horizontal.

Bagian waterpass yang membuat kedudukan menjadi horizontal disebut dengan istilah bidang nivo. Bidang nivo ini berbentuk tabung yang berisi cairan dan gelembung di dalamnya. Cara untuk mengetahui apakah sebuah permukaan datar atau tidak adalah dengan memastikan posisi gelembung berada di tengah.

Membuat Garis Horizontal

Beginilah cara untuk membuat garis horizontal dengan menggunakan waterpass D-Xplore:

  • Buatlah tanda dengan menggunakan pensil

  • Ukurlah dengan menggunakan waterpass untuk membuat garis lurus

  • Gunakanlah waterpass air horizontal, dan pastikan posisi air berada di tengah

  • Hasil garis akan sejajar horizontal

Membuat Garis Vertikal

Beginilah cara untuk membuat garis vertikal dengan menggunakan waterpass D-Xplore:

  • Gunakanlah waterpass air vertikal, dan pastikan posisi air berada di tengah

  • Hasil garis akan sejajar vertikal

Membuat Garis Miring 45⁰

  • Gunakanlah waterpass air miring, dan pastikan posisi air berada di tengah

  • Hasil garis akan miring 45⁰

Manfaat Waterpass D-Xplore

Sebuah waterpass memiliki fungsi spesifik yaitu untuk menentukan atau mengukur sebuah benda atau garis, apakah garis tersebut berada dalam kondisi yang rata, baik secara horizontal maupun vertikal.

Tentu saja waterpass ini merupakan peralatan yang wajib ada untuk mengukur sebuah objek dan objek lainnya. Keberadaan waterpass bertujuan untuk menyelaraskan objek dan membuat objek tersebut indah dipandang.

Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan waterpass dari D-Xplore:

  • Dapat digunakan untuk memasang rak melayang

  • Dapat digunakan untuk memasang pigura

  • Dapat digunakan untuk memasang keramik. Untuk menentukan apakah keramik sejajar atau tidak, dapat melihat air pada waterpass. Jika air berada di tengah, berarti keramik tersebut sejajar.

  • Dapat digunakan untuk memasang tiang besi. Untuk mengukur kerataan tiang besi, pastikan garis air berada di tengah.

Macam-Macam Ukuran Waterpass D-Xplore

Material yang biasanya digunakan untuk membuat waterpass adalah kayu atau aluminium. Waterpass yang terbuat dari bahan aluminium paling banyak laku di pasaran, karena lebih awet atau tahan lama dibandingkan yang berbahan kayu.

Waterpass D-Xplore memiliki tiga macam pilihan yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, inilah beberapa macam pilihan tersebut:

  • Waterpass magnet mini dengan ukuran 9 inci

  • Waterpass aluminium dengan pilihan warna, terdapat dua ukuran yaitu 18 dan 24 inch

  • Waterpass silver dengan dua ukuran yaitu 18 dan 24 inch

Waterpass D-Xplore memiliki beragam keunggulan karena terbuat dari bahan yang berkualitas, dijamin tidak akan penyok, dan didesain dengan standar internasional. Anda bisa mendapatkan produk waterpass D-Xplore yang berkualitas tersebut di Vinindo Corporation. Percayakan kebutuhan Anda kepada kami. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK