22 Nov 2021 Kenali Bermacam-macam Jenis Tang dan Fungsinya

Kenali Bermacam-macam Jenis Tang dan Fungsinya

Tang adalah alat bantu yang bisa digunakan untuk memutar, mencabut, memegang, dan lain sebagainya. Tang biasanya digunakan oleh tukang atau teknisi untuk memperbaiki suatu benda.

Alat ini berbentuk seperti gunting yang terbuat dari besi dan baja. Pada bagian gagangnya terdapat lapisan karet bertekstur yang berfungsi agar tidak selip dalam penggunaannya.

Jenis tang dan fungsinya sangatlah banyak sampai-sampai sulit untuk dihafalkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca penjelasan yang telah saya rangkumkan agar Anda dapat mudah mengingatnya dan tidak salah dalam menggunakan tang. Berikut beberapa jenis tang dan fungsinya.

1. Tang Kombinasi (Linesman Plier)

Sesuai dengan namanya tang ini merupakan kombinasi dari berbagai fungsi yang dapat digunakan dalam satu waktu seperti membuka mur, memotong kawat, dan menarik paku.

Tang ini sering dijumpai disemua sektor baik konstruksi, reparasi, otomotf.

Anda wqajib mempunyai satu tang ini untuk diletakkan dirumah sebagai alat penolong disaat ada keperluan pertukangan.

2. Tang Lancip (Long Nose Plier)

Tang ini digunakan untuk menjepit kabel atau kawat. Penggunaan lainnya seperti menjangkau benda yang terhalang oleh tangan. Misalnya membuka baut pada komputer, mesin dan elektronika lainnya.

3. Tang Potong (Diagonal Plier)

Tang ini berbentuk rahang yang tajam dan kokoh. Kegunaannya untuk memotong tali, kawat, kabel, dan lainnya. Hampir sama dengan tang kombinasi tapi tang jenis ini mempunyai kekuatan yang lebih untuk memotong benda.

4. Tang Buaya (Locking Grip Pliers)

Fungsi tang buaya untuk mencengkram dan memegang komponen berupa baut, mur dan lainnya. Akan tetapi, cengkramannya tidak sekuat kunci inggris atau kunci pas. Hampir sama dengan tang kombinasi hanya saja dalam versi sederhananya

5. Tang Rivet

Tang ini digunakan untuk memasang paku keling (rivet) pada dua benda yang ingin disatukan.

6. Tang SPI (Snap Ring Plier)

Jenis tang ini berfungsi untuk menjepit circlip pada mesin dan umumnya digunakan pada dunia perbengkelan.

7. Tang Kakatua (Tower Pincer)

Serammm! Seperti alat untuk mencabut gigi. Padahal alat ini untuk mencabut paku atau memotong kawat, loh!

Tukang bangunan sering menggunakan tang ini karena akan memudahkan mereka dalam mencabut paku yang kuat menempel di tembok.

8. Tang Crimping

Penggunaan tang ini sering ditemukan pada operator jaringan karena digunakan untuk mengupas dan menyambungkan ujung kabel jaringan agar dapat terkoneksi dengan router.

9. Tang Press Skun

Fungsi tang ini untuk mengoneksikan sebuah kabel dengan skun. Cara kerjanya yaitu dengan menjepit kabel tersebut.

10. Tang Slip Joint

Tang ini biasanya terdapat di kendaraan bermotor seperti mobil dan bus. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasi yaitu untuk memutar mur dan baut pada kendaraan.

Biasanya dalam pembelian mobil baru Anda akan diberi sepaket peralatan yang isinya antara lain tang ini.

11. Tang Krone

Tang krone merupakan tang yang sangat berguna bagi teknisi telepon. Fungsinya untuk mengoneksikan kabel telepon pada terminal LSA.

12. Tang Skun Hidrolik

Fungsi tang ini sama dengan tang skun model press. Tapi, tenaga dari tang ini sangat kuat dan biasanya digunakan untuk kabel yang berukuran besar dengan tegangan yang besar juga.

13. Tang Ampere

Jenis tang ini digunakan untuk mengukur besar arus ampere pada aliran listrik. Biasanya digunakan oleh teknisi elektonika.

Karena menggunakan ilmu komputer tang ampere membutuhkan daya listrik agar bisa digunakan dengan baik tanpa kesalahan hasil uji.

Bermacam kebutuhan membuat bermacam juga alat bantu yang digunakan seperti tang. Ada tang pertukangan sampai tang untuk reparasi otomotif. Begitu juga fungsinya ada yang untuk mengukur ampere listrik, membaut, dan menyambung kabel.

Begitu pula harganya ada yang murah sampai yang mahal bernilai ratusan juta rupiah. Bahan, fungsi, dan kualitas tang yang mempengaruhi harganya.

Ada baiknya konsultasikan kepada penjual tang atau teman yang ahli tentang keperluan Anda jika masih belum mengerti fungsi dari tang.

Ingat, selalu gunakan pengaman yang sesuai dengan SNI dalam bekerja dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Apabila terjadi kecelakaan kerja segera lakukan pertolongan pertama dan panggil dokter secepatnya.

Itulah beragam jenis tang dan fungsinya yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam menggunakannya. Selamat menukang!

Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK