01 Sep 2021 Cara Memotong Kayu dengan Gergaji yang Benar dan Tepat

Cara Memotong Kayu dengan Gergaji yang Benar dan Tepat

Cara memotong kayu dengan gergaji yang benar banyak dicari. Kondisi ini terjadi karena kebutuhan akan pemotongan kayu selalu tinggi. Ada banyak aktivitas yang mengharuskan masyarakat memotong kayu sendiri. 

Jika aktivitas ini tidak dibarengi dengan keterampilan, pemotongan tidak akan mendapatkan hasil sempurna. Sering terdapat kondisi dimana kayu yang dipotong malah rusak. Hal tersebut tentu tidak boleh dibiarkan. 

Jika ini terjadi, kayu akan rusak dan pengguna harus kembali membeli kayu baru. Sebenarnya, ada banyak tempat di luar sana yang menyediakan jasa pemotongan kayu.

Namun biaya untuk pemotongan semacam ini cukup tinggi. Jauh lebih mudah jika melakukan pemotongan sendiri. Ada beberapa keuntungan yang akan didapat ketika melakukannya. Pertama tentu dari segi biaya. 

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemotongan kayu. Kedua berhubungan dengan penambahan skill. Kemampuan dalam melakukan pemotongan ini pasti akan sangat bermanfaat. Ini jelas bisa digunakan di masa depan.

Cara Memotong Kayu dengan Gergaji yang Benar

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika akan memotong kayu. Jika poin ini tidak diperhatikan, pemotongan tidak akan bisa memberikan hasil maksimal.

  1. Beri Tanda

Cara memotong kayu dengan gergaji yang benar tidak akan lepas dari proses penandaan. Proses penandaan ini adalah aktivitas yang tidak boleh terlewat. Pastikan untuk memberikan tanda sesuai dengan bagian kayu yang ingin dipotong. 

Ambillah alat bantu penandaan seperti penggaris dan pulpen. Buatlah penandaan ini dengan presisi maksimal. Sebagai saran, akan lebih baik jika membuat tanda yang terlalu kecil dibanding tanda yang terlalu besar.

Jika tandanya terlalu kecil, nanti kayu bisa dipotong kembali. Namun jika tandanya terlalu besar, kerusakannya akan sulit untuk dijadikan normal.

  1. Pahami Tipe Gergaji

Jangan lupa untuk memahami tipe gergaji. Tentu pemahaman ini berhubungan dengan mata gergaji yang ditempatkan di bagian bawah. Secara umum, ada dua tipe mata gergaji yang beredar di masyarakat. 

Pertama adalah mata gergaji belah. Dalam cara memotong kayu dengan gergaji yang benar sendiri, ini adalah tipe yang paling umum. Ciri utamanya terletak pada bentuk mata gergaji yang runcing ke bagian depan. 

Jika dilihat secara lurus, mata gergaji tersebut akan nampak sedikit miring. Selanjutnya adalah mata gergaji potong. Ini adalah jenis kedua yang juga sering digunakan. 

Perbedaan utama tentu terletak pada bentuk mata gergajinya. Mata gergajinya tegak lurus ke arah bawah. Hal tersebut membuat kemiringan sama sekali tidak akan terlihat.

  1. Pilih Sudut yang Tepat

Setelah memahami tipe gergaji, sekarang berlanjut pada proses pemotongan. Pilihlah sudut yang tepat dalam proses pemotongan tersebut. Sudutnya sendiri disesuaikan dengan mata gergaji yang sebelumnya telah diidentifikasi. Pertama untuk mata gergaji belah.

Sudut pemotongannya adalah sekitar 60 derajat. Dengan sudut pemotongan ini, gergaji akan terlihat mengarah ke bawah. Kedua adalah mata gergaji potong. Untuk jenis ini, sudut pemotongannya adalah 45 derajat. 

Cara inilah yang biasanya paling umum di masyarakat. Jika dilihat, sudut ini memang nampak paling nyaman. Biasanya, pemotong bahkan bisa menggunakan gergaji sambil duduk.

  1. Jangan Terburu-Buru

Pastikan untuk tidak terburu-buru. Hal ini juga tidak boleh dilewatkan dalam cara memotong kayu dengan gergaji yang benar. Pemotongan dengan gergaji dilakukan dengan memanfaatkan panjang alat yang digunakan. 

Pastikan menggunakan bagian pangkal dan ujung dengan maksimal. Adalah kesalahan jika pemotongan dilakukan dengan skala pendek dan hanya memanfaatkan bagian tengah mata gergaji. 

Biasanya ini adalah kesalahan umum para pemula. Biasanya cara ini dilakukan agar pemotongan dengan gergaji bisa dilakukan lebih cepat. Padahal jika dilihat dari hasil, cara ini justru lebih lambat.

Bahkan ini membuat pemotong lebih cepat lelah. Hal tersebut sangat wajar karena memotong dengan cepat akan menghabiskan stamina dalam jumlah yang lebih banyak.

Pilihlah Gergaji dengan Kualitas Terbaik

Jangan lupa untuk memilih gergaji dengan kualitas terbaik. Walaupun cara memotong kayu dengan gergaji yang benar sudah dipahami, pemotongan akan tetap sulit jika alatnya tidak berkualitas.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah panjang pisaunya. Jenis gergaji terbaik adalah yang pisaunya cukup panjang. Oleh sebab itu, akan lebih tepat jika mengetahui ukuran gergaji normal. 

Beberapa orang sering tidak paham ketika datang ke toko dan akhirnya memilih gergaji pendek yang harganya lebih murah. Perlu diketahui, memotong dengan gergaji ini akan terasa lebih sulit. Itu karena, tenaga yang perlu dikeluarkan berjumlah lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan suara. Ketika digunakan memotong kayu, beberapa gergaji sering memiliki suara yang terlalu keras. Hal ini biasanya disebabkan oleh merk gergaji itu sendiri. jauh lebih tepat jika memilih gergaji dengan suara pelan.

Ini akan membuat Anda lebih nyaman dalam proses pemotongan. Selain itu, suara yang lebih pelan akan membuat warga sekitar tidak terganggu ketika sedang menggunakan gergaji. Inti dari penggunaan gergaji adalah ketelitian. 

Dibutuhkan pribadi yang teliti agar hasil yang maksimal bisa didapat. Inilah yang biasanya membuat pengguna baru kesulitan saat memakai alat ini. Jika ketelitian sudah dimiliki, cara memotong kayu dengan gergaji yang benar di atas pasti bermanfaat.

Konsultasikan kebutuhan pintu anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam gergaji yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK