29 Jul 2022

Tips Memasang Handle Pintu yang Benar, Dijamin Anti Gagal!

Tips Memasang Handle Pintu yang Benar, Dijamin Anti Gagal!

Pintu merupakan salah satu komponen terpenting dalam rumah sebagai jalur keluar masuk serta pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya. Saat membangun rumah terutama ketika dilakukan secara terburu-buru, aspek seperti pemasangan handle pintu seringkali dilewatkan.

Sehingga akibat dari hal tersebut adalah handle pintu yang tidak terpasang dengan baik. Efek ini mungkin tidak akan dirasakan langsung. Namun seiring waktu, Anda bisa merasakan handle pintu yang susah untuk dikendalikan. Masalah tersebut entah karena macet atau longgar.

Telah diketahui bersama pintu merupakan salah satu pertahanan pertama untuk mencegah adanya tindakan yang tidak diinginkan seperti pencurian masuk ke dalam rumah. Sehingga untuk menghindari hal tersebut diperlukan adanya pemasangan handle pintu dengan benar. 

Berikut merupakan informasi yang harus Anda ketahui mulai dari pengetahuan dasar standar handle pintu hingga tips memasang handle pintu yang benar dan anti gagal.

Tidak Banyak Diketahui Standar Ketinggian Handle Pintu

Tahukah Anda bahwa terdapat standar ketinggian ideal untuk pemasangan handle pintu? Barangkali sebagian besar orang merasa baru mendengar hal tersebut. 

Meskipun jarang diketahui, ketinggian handle pintu ini menentukan kenyamanan pengguna untuk menggunakan pintu. Sehingga ketinggian menjadi tips memasang handle pintu yang pertama dan harus diperhatikan lebih lanjut. 

Namun sebelum menyelami lebih lanjut penjelasan terkait standar tinggi handle pintu, Anda perlu mengetahui bahwa ketinggian handle yang dimaksud adalah jarak handle pintu dari lantai. Jika kebingungan mengenai ketinggian sudah terselesaikan, maka simak penjelasan tips memasang handle pintu yang pertama ini.

1. Standar Internasional

Standar handle pintu berdasarkan tinggi rata-rata penduduk luar negeri. Tinggi handle pintu dari lantai diperkirakan sekitar 1 meter.

2. Standar Nasional

Standar handle pintu di Indonesia, berkisar antara 105 cm hingga 110 cm. Hal yang perlu diketahui dalam tips memasang handle pintu yang nyaman untuk digunakan adalah menentukan tinggi handle. Ketinggian dapat dilakukan berdasarkan tingkat atau ketinggian pergelangan tangan maupun siku.

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai ketinggian handle tersebut, tentu saja saat ini Anda tidak berpikir untuk memasang handle pintu dengan ketinggian yang asal, bukan? Tetapi selain ketinggian Anda juga perlu memperhatikan jenis pegangan pintu.

Jenis pegangan pintu ini menjadi tips memasang handle pintu lainnya yang menentukan keindahan serta kenyamanan dalam menggunakan pintu. Beberapa jenis pegangan pintu di antaranya:

  • Rotary, merupakan jenis pegangan pintu berbentuk bulat dan digunakan dengan cara diputar.

  • Push-on, jenis pegangan pintu yang digunakan dengan cara didorong.

  • Overhead, jenis pegangan memanjang dan digunakan dengan cara ditekan ke arah bawah.

Sekian penjelasan aspek pertama yang harus diperhatikan dalam tips memasang handle pintu. Anda juga bisa membaca informasi lebih lengkap terkait ketinggian dan jenis handle pintu pada artikel Pentingnya Mengetahui Standar Tinggi Handle Pintu dari Lantai.

Tips Memasang Handle Pintu Kedua, Memasang Handle Pada Pintu Kayu

Saat membangun rumah dengan budget yang terbatas, pintu berbahan kayu seringkali dipilih dibandingkan dengan material lainnya karena harga yang cenderung lebih terjangkau. Selain itu, pintu berbahan kayu memberikan kesan sederhana pada rumah Anda.

Banyak yang mengira bahwa memasang handle pintu merupakan pekerjaan yang sulit. Namun siapa sangka dengan berbekal langkah memasang handle pintu berikut, Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa bantuan tukang!

1. Pilih handle pintu yang tepat

Tips memasang handle pintu pada material kayu yang pertama adalah memastikan adanya kesinambungan antara bentuk, jenis, ukuran, serta kualitas handle pintu. Jika pemilihan handle sudah sesuai dan dilakukan dengan benar, maka pintu akan terlihat cantik dan nyaman ketika digunakan.

2. Ukur ketinggian handle

Seperti yang telah disinggung sebelumnya dan menjadi tips memasang handle pintu yang paling pertama, Anda harus menentukan ketinggian handle yang akan dipasang pada pintu. Sesuaikan ketinggian handle dengan tinggi badan Anda supaya nyaman untuk digunakan.

3. Tandai posisi handle pintu

Berhubungan dengan langkah sebelumnya, langkah satu ini hadir untuk mempermudah proses pemasangan handle pintu. Tandai gagang pintu yang telah diatur ketinggiannya menggunakan spidol atau pensil. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pengeboran.

4. Pasang handle pintu setelah dilakukan pengeboran

Setelah menandai bagian gagang pintu, bor pintu kayu pada kedua sisi. Pastikan proses ini dilakukan secara teliti dan presisi, ya! Apabila lengah, gagang pintu bisa gagal untuk terpasang. 

Hasil bor perlu untuk dihaluskan. Anda dapat mengamplasnya atau memperlebar poros menggunakan pensil. Selanjutnya, pasang barel pada poros yang telah dibuat. Apabila proses ini selesai dilakukan, Anda tinggal memasang beberapa baut pada gagang pintu.

Nah, langkah memasang handle pintu tersebut mudah untuk dilakukan bukan? Apabila masih kurang jelas, Anda dapat mempelajari langkah pemasangan yang lebih lengkap pada artikel Langkah Tepat Memasang Handle Pintu Bahan Kayu

Tips Memasang Handle Pintu Pada Pintu Kayu atau Kaca

Material pintu lainnya yang tak kalah populer dengan kayu adalah material kaca. Menggunakan kaca sebagai pintu dapat memberikan kesan terbuka dan minimalis pada rumah. Selain itu, ventilasi cahaya akan berjalan dengan baik karena luasnya akses cahaya untuk memasuki rumah.

Secara umum, tips memasang handle pintu bermaterial kaca tidak berbeda jauh dengan pemasangan gagang pintu pada material kayu. Langkah ini diawali dengan memilih handle pintu yang tepat, mengukur ketinggian gagang pintu, hingga menandai handle pada pintu.

Namun disamping langkah yang telah disebutkan, terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memasang handle pintu pada kayu atau kaca, lho!

1. Melubangi tanda dengan bor

Pintu kaca yang telah ditandai kemudian di bor. Pastikan proses bor dilakukan dengan stabil sehingga dihasilkan satu lubang rapi dan terpusat.

2. Buat lubang poros

Proses pengeboran dilanjutkan dengan memperlebar lubang poros untuk mempermudah proses pemasangan handle nantinya.

3. Tandai bagian cover depan

Tips selanjutnya dilakukan setelah proses bor selesai dilakukan. Masukkan pengait handle pada poros, pastikan untuk memasukkan pengait dari sisi samping dan menandainya dengan memotong sekitar garis kayu.

4. Pahat lubang untuk pengait

Jika Anda memiliki perkakas tajam seperti palu, Anda dapat membuat lubang pahat untuk memasukkan bagian pengait handle.

5. Pasang kait pintu

Langkah selanjutnya, pastikan kait pintu terpasang dengan benar dan pas. Kemudian kuatkan pengait dengan memasang baut pada bagian sisi atas dan bawah.

6. Pasang pelat dan pegangan

Terakhir, pasangkan pegangan dan pelat dengan memanfaatkan pengait pintu. Jangan lupa untuk mengencangkan handle dengan menggunakan dua buah sekrup dan dipasang menggunakan bor.

Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih mendetail mengenai tips memasang handle pintu pada material kaca atau pada artikel Cara Memasang Handle Pintu dengan Benar untuk Pintu Kayu atau Kaca

Sekian tips memasang handle pintu yang bisa Anda coba sendiri untuk memperbaiki handle pintu yang rusak atau ketika membangun rumah baru. Usahakan untuk teliti dalam mencari informasi terkait pemasangan handle pintu untuk hasil yang maksimal, ya!

Jika Anda sedang mencari handle pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual handle pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, door closer dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK