06 Nov 2021

Jurus Ampuh Agar Budget Renovasi Rumah Tidak Membengkak

Jurus Ampuh Agar Budget Renovasi Rumah Tidak Membengkak

Merenovasi rumah tidak boleh dilakukan secara gampang-gampangan. Dibutuhkan perencanaan, anggaran biaya, dan pengawasan dalam merenovasi rumah agar hasil dapat sesuai dengan yang Anda harapkan. Tentu saja dengan biaya yang tidak membengkak karena salah dalam perencanaan.

Berikut rangkuman jurus ampuh agar renovasi rumah tidak membengkak.

1. Siapkan Skala-Skala Prioritas Renovasi Rumah

Menyiapkan skala prioritas membantu Anda untuk menentukan mana sisi yang penting untuk dibangun dan mana sisi yang bisa dibangun nantinya. Contohnya dalam membangun atap rumah dan kolam ikan. Manakah yang terpenting? Tentu saja atap rumah, bukan?

Menyiapkan skala prioritas juga membantu Anda mengetahui estimasi biaya yang akan diperlukan untuk merenovasi rumah. Dengan estimasi tersebut Anda akan mengetahui apakah pembangunan perlu dilanjutkan atau cukup.

2. Hitung Biaya Tukang

Menghitung biaya tukang tidak boleh sembarangan. Jasa tukang harian biasanya berkisar Rp 100.000. Harga ini menyesuaikan dengan lokasi Anda dan skill tukang tersebut.

Untuk sistem pembayarannya Anda bisa memilih upah harian dan upah borongan. Jika renovasi yang Anda lakukan Cuma sedikit ada baiknya memilih sistem upah harian yang lebih murah daripada upah borongan.

3. Pilihlah Low Cost Material untuk Renovasi Rumah

Pemilihan material yang murah dan berkualitas sangat diperlukan dalam merenovasi rumah. Bijaklah memilih toko bangunan favorit Anda. Pilihlah material yang tahan lama walau dengan harga yang sedikit mahal karena akan memiliki masa umur yang panjang dan perawatannya pun mudah.

Contohnya, dalam memilih rangka atap rumah apakah menggunakan bahan kayu atau galvalum.

4. Gunakan Bahan Material Bekas

Penggunaan kembali material bekas yang masih dapat digunakan membuat biaya renovasi rumah akan terjangkau. Material bekas yang bisa Anda gunakan kembali seperti bata, rangka besi, genteng.

Akan tetapi jangan paksakan menggunakan material bekas yang tidak layak pakai karena akan menyebabkan renovasi yang kedua kalinya. Bukan hanya itu, keamanan bangunan pun diragukan.

5. Gunakan Rancangan Renovasi Jangka Panjang

Menggunakan rancangan renovasi jangka panjang seperti pemilihan desain rumah, pemilihan kualitas material membuat proyek renovasi Anda terbilang hanya satu kali seumur hidup. Dengan renovasi satu kali Anda dapat menghemat biaya renovasi dan perawatannya. Untuk merancangnya ada baiknya konsultasikan dengan kontraktor yang dipilih.

6. Hitung Biaya Renovasi Rumah

Menghitung biaya renovasi rumah juga diperlukan, loh. Beberapa tahapan seperti awal pembangunan, pemilihan material, biaya tukang, sampai finishing perlu anda kawal. Jangan sampai Anda tidak menghitungnya. Bisa-bisa rumah yang Anda renovasi akan mangkrak disebabkan oleh biaya yang menggelembung saat proses renovasi sedang berlangsung.

Anda harus memantau sejak awal pembangunan agar tidak ada kecurangan yang menyebabkan kerugian material, biaya, dan waktu yang Anda miliki.

7. Berhati-Hati Dalam Memilih Kontraktor

Memilih kontraktor yang tepat sangat diperlukan agar biaya renovasi rumah tidak membengkak. Kontraktor yang mengulur waktu akan menyebabkan pembengkakan biaya renovasi. Mintalah rekomendasi dari tetangga atau kerabat Anda yang telah merenovasi rumah. Pastikan hasilnya bagus dan tentu saja biaya yang terjangkau.

8. Hindari Renovasi Rumah di Musim Hujan

Merenovasi rumah ada baiknya di musim kemarau. Kenapa demikian? Karena di musim kemarau material seperti semen yang Anda miliki tidak terkena air dan tetap dalam bentuk bubuk. Jika terkena air semen tersebut tidak dapat digunakan kembali seperti sedia kala.

Pembangunan di musim hujan juga menyebabkan tembok yang Anda bangun akan roboh karena diterpa hujan angin.

Merenovasi rumah memang tidak harus dilakukan secara total dari pondasi sampai atapnya. Sesuaikan dengan kebutuhan merupakan hal yang utama. Gunakan skala prioritas untuk menentukan sisi manakah yang harus Anda bangun terlebih dahulu.

Pemilihan material, pengawasan adalah hal yang harus dilakukan ketika renovasi rumah sedang berlangsung. Ini membuat jadwal yang telah anda rancang akan berjalan dengan baik. Ada baiknya juga berikan dana darurat untuk renovasi rumah Anda yang dapat menghindarkan dari mangkraknya proyek yang Anda lakukan.

Sebelum merenovasi rumah disarankan untuk meminta izin ke tetangga terkait kebisingan dan polusi yang akan terjadi saat renovasi rumah sedang berlangsung. Selalu utamakan kesopanan dan menjunjung tinggi kekeluargaan akan membuat kerukunan antar sesama dan menciptakan keharmonisan dalam bertetangga.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam peralatan rumah dan bangunan yang kokoh dengan berbagai macam model dan desain. Vinindo Corporation merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK