08 Nov 2021

Kunci Pintu Macet? Tenang, Atasi dengan 10 Cara Sederhana Ini!

Kunci Pintu Macet? Tenang, Atasi dengan 10 Cara Sederhana Ini!

Seringkali kita dibuat kesal dengan kunci pintu macet. Apalagi saat sedang terburu-buru. Disitulah tingkat kekesalan kita menggunung serasa ingin mendobrak pintu tersebut. Eitsss, tunggu dulu! Pintu yang macet dapat diperbaiki dengan sangat mudah, loh!

Silakan coba satu cara dibawah ini. Tenang, jika masih belum berhasil ada 9 cara lagi untuk membuka pintu Anda. Yuk, simak 10 cara sederhananya.

Gunakan Kunci Ketok

menggunakan kunci ketok
Kunci ketok merupakan kunci yang bisa masuk ke semua lubang kunci. Barang ini dapat membuka kunci pintu macet dengan aman. Langkah menggunakan kunci ketok adalah:

  • Masukkan kunci ke lubang namun hanya separuh jalan
  • Hantam kunci menggunakan palu
  • Putar kunci setelah diketok
  • Selesai pintu sudah terbuka

Gunakan Pembersih Anti Karat atau Oli

menggunakan pelumas
Bisanya kunci yang macet disebabkan oleh karat yang berada di lubang kunci. Terlebih lagi jika rumah Anda di daerah pesisir. Cara membersihkannya cukup sederhana. Oleskan secukupnya oli pada lubang kunci dan coba kembali buka pintu tersebut. Anda bisa menggunakan minyak goreng, oli motor, atau pelumas di sekitar Anda.

Baca Juga : 8 Cara Memasang Kunci Pintu yang Mudah Dilakukan

Gunakan Penjepit Kertas

menggunakan penjepit
Pintu yang terkunci biasanya terdapat lubang pada kenopnya. Didalam kenop tersebut terdapat tombol kecil yang perlu ditekan untuk membukanya. Cara membukanya cukup tekan tombol tersebut dengan penjepit kertas yang telah diluruskan. Kemudian, cungkil dengan obeng atau gagang besi untuk memutar kuncinya.

Panggil Ahli Kunci Terdekat

ahli kunci
Jika Anda tidak bisa membukanya langkah yang tepat selanjutnya adalah memanggil ahli kunci. Ini memungkinkan pintu Anda tetap bisa dibuka tanpa merusaknya. Akan tetapi, tentunya ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan jasanya.

Gunakan Alat Pembobol Kunci Pintu

pembobol kunci
Anda dapat menggunakan alat ini sebagai cara untuk membuka pintu yang terkunci. Langkah menggunakan alat ini adalah:

  • Masukkan pengungkit lalu masukkan pencungkil diatasnya
  • Gunakan ujung pencungkil untuk menekan pin lubang ke atas
  • Pastikan mendorong hingga pin keluar sepenuhnya

Gunakan Obeng dan Sekrup

obeng dan sekrup
Penggunaan obeng dan sekrup bertujuan untuk melepas rumah kunci yang ada di pintu karena sudah tidak bisa lagi dibuka. Cara menggunakannya adalah:

  • Lepas sekrup yang ada di gagang pintu
  • Ganti rumah kunci dengan yang baru
  • Pasang kembali sekrup pintu

Gunakan Kunci L

menggunakan kunci L
Caranya cukup mudah, Anda perlu memasukkan kunci L ke lubang kunci dan gerakkan secara perlahan. Kemudian, putar kunci L sampai pintu terbuka.

Gunakan Kartu untuk Pintu Model Lama

Cara ini bisa digunakan untuk membuka kunci pintu jenis latch bolt. Untuk membukanya Anda cukup mendorong sisi kunci yang miring di sela-sela pintu dan kusen. Pastikan juga sisi miring kunci menghadap Anda.

Hantam dan Putar Gagang Secara Bersamaan

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi kunci pintu macet. Menghantam pintu dan memutar gagangnya bisa Anda lakukan dengan cukup mudah terlebih tanpa memerlukan alat tambahan. Konsekuensinya pintu dan gagangnya akan rusak jika Anda menghantam terlalu keras

Dobrak Pintu!

Bisa dipastikan dengan cara ini semua pintu yang terkunci akan terbuka. Anda hanya boleh melakukannya jika dalam keadaan darurat seperti kebakaran, bencana alam, atau lain sebagainya. Langkahnya cukup dobrak pada bagian bawah gagang pintu agar tekanan yang dihasilkan lebih besar untuk membuka pintu tersebut. Konsekuensinya pintu yang Anda dobrak akan rusak dan memerlukan biaya untuk memperbaikinya.

Kesimpulan

Membuka kunci pintu yang macet memang susah-susah gampang. Terlebih lagi kita orang awam yang tidak ahli dalam dunia perbaikan. Jika salah perlakuan akan dapat merusak pintu yang Anda miliki.

Sebaiknya, kontrol secara berkala pintu rumah Anda apakah kotor berkarat, rusak atau sudah waktunya ganti. Silakan alokasikan sebagian dana yang Anda miliki ke anggaran perbaikan rumah. Hal ini dilakukan agar pengeluaran tidak semakin membengkak dengan mencegahnya lebih dini. Jangan lupa juga gandakan setiap kunci yang Anda miliki dan letakkan pada tempat-tempat yang mudah diingat. Bila perlu catat tempat Anda meletakkan kunci tersebut.

Itulah 10 cara sederhana untuk membuka kunci pintu macet yang bisa Anda lakukan. Selamat mencobanya!

Percayakan kebutuhan kunci pintu Anda pada Vinindo Corporation. Kami menyediakan silinder kunci pintu, body kunci pintu, dan produk untuk peralatan rumah yang kokoh dan awet. Kualitas produk Vinindo Corporation tidak diragukan lagi, karena kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK