31 Dec 2021

Tips Membuat Ruangan Kerja Di Rumah

Tips Membuat Ruangan Kerja Di Rumah

Sedang berencana membuat ruangan kerja di rumah? Di era sekarang sudah bukan menjadi sesuatu hal yang langka jika ingin menciptakannya di rumah, cocok sekali bagi hard-workers yang suka menghabiskan waktu berjam-jam di ruangan kerja maupun hanya beberapa jam saja dalam sehari. Manfaatkanlah ruangan yang tidak digunakan agar anda tetap bekerja dengan semangat meskipun work-from-home. Ciptakan ruang kerja sekondusif mungkin. Beberapa tips berikut ini dapat dijadikan panduan untuk membuat ruang kerja dirumah yang nyaman. 

Menentukan Konsep Sesuai Kegemaran

Sebaiknya anda lebih banyak lagi berseluncur di internet untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang menginspirasi. Jika anda menyukai ruangan dengan konsep monokrom, anda dapat menerapkannya dengan berbagai sumber referensi misalnya dinding monokrom atau benda pendukung lain bertema monokrom. Semua kami kembalikan sesuai selera atau kegemaran anda ya sobat. 

Mengukur Ruangan

Meskipun terkesan menyita waktu jika harus mengukur ruangan terlebih daulu, namun hal ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui dengan pasti seberapa luas ruang kerja yang akan dibuat. Setelah itu, anda dapat menentukan ingin menggunakan berapa jendela, pintu yang seperti apa, ventilasi, rak buku dan hiasan yang akan memperindah ruangan.

Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Banyak orang meletakkan ruang kerja ditempat yang gelap di tengah-tengah rumah. Padahal menurut seorang pengarang The Smarter Home Office yang bernama Linda Varone, ruang kerja yang bagus dan ideal adalah dengan meletakkan pada panelnya agar memberi efek bahagia saat seseorang bekerja dengan mendapatkan pencahayaan secara alami dari sang surya.

Dekorasi Ruangan Semenarik Mungkin

Aplikasikan ruang kerja dirumah dengan dekorasi semenarik mungkin, bisa berupa alat tulis yang lucu, poster, foto orang yang anda cintai, papan buletin dan lain sebagainya. Pajang juga sertifikat atau beragam penghargaan jika anda memilikinya. Sehingga ketika bekerja menambah semangat dan menciptakan perasaan nyaman.

Gunakan Penyimpanan Multifungsi

Penyimpanan multifungsi atau biasa disebut dengan pegboard dapat menjadi pilihan alternatif dan tidak memakan banyak ruang. Dapat dikonfigurasikan sesuai kebutuhan anda.

Menggunakan Tanaman Hias

Hard worker yang stress dan lelah setelah bekerja sebaiknya memanfaatkan tanaman hias, karena dapat merelaksasi dari kesegaran tanamannya. Warna hijau pada tanaman juga menambah semangat para pekerja keras yang mengerjakan setumpuk pekerjaan.

Jangan Menggunakan Alat Elektronik Terlalu Banyak

Walaupun bekerja membutuhkan perangkat elektronik, namun jangan meletakkan terlalu banyak pada ruang kerja anda. Selain dikhawatirkan dapat memakan banyak tempat, perangkat tersebut juga dapat mengurangi kenyamanan saat bekerja.

Rak dan Kabinet yang Sesuai

Ruang kerja yang rapi dapat kamu hadirkan dengan memilih rak dan kabinet yang sesuai. Simpanlah file-file, buku atau dokumen berharga lainnya di dalam rak dan kabinet yang telah disediakan. Sehingga ruangan selalu tampak rapi dan bekerja bisa lebih produktif.

Sediakan Kursi Kerja, Meja dan Sofa Panjang

Gunakan kursi kerja yang simple dan nyaman. Usahakan terbuat dari bahan yang disertai busa sebagai tempat duduk agar tidak terasa sakit saat bekerja berjam-jam. Begitu juga dengan pemilihan meja, sesuaikan dengan luas ruangan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tidak boleh juga terlalu tinggi dan terlalu rendah. Yang terakhir, sediakan sofa panjang yang dapat digunakan untuk bersantai ketika anda lelah dan butuh istirahat.

Ternyata cukup mudah bukan untuk memiliki ruang kerja di rumah. Segera terapkan tips membuat ruang kerja di rumah secara menyeluruh ya. Jika ruangan nyaman, kerja menjadi senang.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam peralatan rumah dan bangunan yang kokoh dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK