14 Mar 2022

Handle Pintu Pasti Lurus Dengan Waterpas D-Xplore

Handle Pintu Pasti Lurus Dengan Waterpas D-Xplore

Pemasangan handle pintu bisa dikatakan susah-susah gampang. Karena walaupun teknik pemasangannya sudah sesuai dengan panduan, tapi bisa saja pemasangan handle tersebut tidak lurus. Sehingga handle pintu tersebut tidak dapat dioperasikan dengan baik dan benar. Oleh karena itu diperlukan alat yang bernama waterpas untuk membantu mengukur jarak pemasangan handle agar tingginya sesuai dan lurus.

Tak hanya digunakan untuk pemasangan handle pintu saja, waterpas juga banyak digunakan dalam kegiatan keseharian kita seperti pemasangan keramik, pembangunan jembatan dan masih banyak lagi. Sebenarnya apa sih waterpas D-Xplore itu? Apa saja keunggulannya? Dan berapa harganya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak terlebih dahulu penjelasan berikut.

1. Deskripsi Waterpas D-Xplore

waterpas aluminium 1

Menurut KBBI Waterpas adalah alat untuk mengetahui rata tidaknya suatu permukaan horizontal (ubin dan sebagainya). Waterpas sendiri bukanlah alat ukur sesuatu, melainkan alat untuk menentukan sudah benar atau belum pemasangan suatu benda seperti pemasangan handle pintu. Waterpas biasa dipakai pada timbangan yang butuh keseimbangan permukaan dan benar-benar datar agar diperoleh data yang akurat. 

Waterpas terbuat dari alumunium atau kayu dan dilengkapi dengan lensa dan kaca yang terdapat gelembung kecil di dalamnya. Untuk menggunakan waterpas perhatikan gelembungnya. Jika gelembung sudah tepat berada di tengah maka berarti pemasangan suatu benda sudah benar. Sementara lensa pada waterpas digunakan untuk menentukan arah sasaran bidik. Dimana dalam lensa tersebut terdapat titik ordinat (koordinat kartesius). Angka sasaran bidik diperoleh jika sudah melakukan pengaturan fokus lensa. Untuk memperoleh selisih ketinggian hanya dengan mengurangi nilai sasaran bidik kiri dengan kanan. 

Waterpas memiliki tiga jenis yaitu:

  • Waterpas Manual

Tipe paling sederhana dari alat ukur ini, cara penggunaannya adalah dengan meletakkannya pada area yang akan diukur. Kemudian tentukan gelembung agar sejajar.

  • Waterpas Digital (Leveling Laser)

Tipe yang menggunakan laser untuk menentukan jarak yang akan diukur. 

  • Waterpas Auto Level

Waterpas jenis ini hampir sama dengan kedua jenis di atas hanya saja berbeda pada posisi penggunaannya yang lebih khusus seperti jalan, jembatan, atau proyek yang memerlukan survey pemetaan.

2. Keunggulan Waterpas D-Xplore

waterpas aluminium 2

Waterpas biasa digunakan oleh arsitek untuk merancang sketsa bangunan. Selain itu waterpas juga digunakan untuk memasang berbagai elemen konstruksi yang mengharuskan pada posisi yang rata seperti contoh pemasangan keramik. Sudah tentu waterpas memiliki keunggulan yang sangat membantu kita dalam bekerja. Adapun keunggulannya adalah sebagai berikut;

  • Waterpas mempunyai bentuk fisik yang kuat, ringan, awet dan mudah digunakan.

  • Waterpas dapat menentukan sejajar atau tegak lurusnya suatu benda dipermukaan sehingga pemasangannya benar-benar lurus dan rata (tidak miring)

  • Waterpas dapat mengukur berdasarkan sifat. Pengukuran sifat datar resiprokal yaitu pengukuran sifat datar dimana alat pengukuran sifat datar tersebut tidak dapat ditempatkan di dua stasiun seperti mengukur sifat datar menyeberangi sungai atau lembah yang lebar. Sedangkan Pengukuran sifat datar teliti adalah pengukuran sifat datar yang menggunakan aturan serta peralatan sifat datar teliti. 

3. Harga Waterpas D-Xplore

Waterpas sangat mudah untuk anda dapatkan, selain anda dapat membelinya di toko bangunan, dijaman yang serba canggih sekarang anda dapat membelinya di toko online melalui smartphone anda. Alat ukur ini memiliki berbagai ukuran dengan berbagai merek pula tergantung kebutuhan anda. Untuk waterpas merek D-Xplore sendiri dibandrol dengan harga Rp90.000,00 untuk ukuran 60 cm dengan bahan dasar alumunium sehingga lebih awet dan tahan lama.

Percayakan waterpas terbaik Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan produk berbagai jenis waterpass, siku tukang, pahat kayu dan alat pertukangan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK