30 Jun 2022

Tips Memilih Handle Pintu Check!

Tips Memilih Handle Pintu Check!

Pintu merupakan salah satu unsur paling penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dioperasikan dengan mudah, tentunya kamu perlu memasang handle atau gagang pintu. Handle pintu ini biasanya terbuat dari stainless, zinc alloy, dan brass. Ketiga bahan tersebut digunakan sebagai bahan dasar sebab tidak mudah rusak dan memberikan kesan minimalis. Selain itu, ada juga lho gagang pintu unik yang berbahan dasar kayu.

Nah terus gimana nih cara memilih gagang pintu yang cocok dan pas? Kali ini kita akan membahas soal tips memilih handle pintu khusus untuk kamu. Simak artikelnya sampai selesai ya!

Tips Membeli Handle Pintu Utama

handle pintu utama

Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-photography-of-gray-stainless-steel-door-lever-and-lock-16515/

Bukan hal baru, saat memilih gagang pintu kamu pasti akan melihat desain dan warnanya terlebih dahulu. Selain dua hal tersebut, ternyata ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli handle pintu lho! Dengan demikian, handle pintu yang kamu pilih bisa berfungsi dengan maksimal, menyatu bersama eksterior rumah, dan pastinya bisa menjaga keamanan rumah kamu ya!

  • Segi Keamanan

Sudah bisa dipastikan, bahwa untuk menjaga keamanan sebuah rumah dari tindak kejahatan maling atau orang asing yang ingin masuk, maka pemilihan jenis gagang pintu dan sistem penguncian yang tepat sangatlah perlu dipertimbangkan. Handle pintu yang perlu dan wajib kamu pilih adalah handle pintu yang bersifat kuat dan kokoh sehingga pintu tidak mudah dibobol dari oknum tidak bertanggung jawab. Handle pintu yang paling akurat pada umumnya dilengkapi dengan kode keamanan. Apalagi sekarang sudah ada security system automatic. Jadi kamu bisa memasang kunci keamanan via handphone juga.

  • b. Model Handle Pintu

Pertimbangan selanjutnya yang masuk dalam tips memilih handle pintu adalah memilih handle pintu dengan jenis model yang nyaman dan aman bagi kamu. Pemilihan jenis yang tepat juga mampu memberikan kesan mendalam bagi tamu dan penghuni lho. Rumah kamu pastinya akan terlihat selaras jika handle pintu yang digunakan sesuai dengan bentuk rumah itu sendiri. Perlu kamu ketahui, ada banyak jenis model handle yang bisa kamu pilih seperti model klasik, antik, solid atau yang minimalis untuk memberikan sentuhan kesan elegan pada pintu rumah kamu.

  • Material Handle Pintu

Seperti yang kita Sudah tahu, bagian pintu yang paling sering disentuh adalah handle pintu itu sendiri, ketika membuka atau menutup pintu rumah. Oleh karena itu perlu pertimbangan yang bijak untuk menentukan bahan dasar handle pintu. Kamu bisa memilih handle pintu yang kokoh dan kuat agar tidak mudah copot atau dibobol oleh oknum jahat. Sekarang tak sedikit para pemilik rumah menggunakan handle pintu dengan bahan stainless steel. Pertimbangannya adalah lebih awet, dan tentunya handle pintu dari bahan material stainless steel memiliki pegangan gagang yang kuat.

  • Menyesuaikan desain rumah

Sejatinya, banyak sekali bahan dasar untuk membuat handle pintu, mulai dari yang berbahan dasar plastik, kayu, logam sampai handle pintu yang bergaya modern maupun klasik. Bahkan tak jarang kita dibuat bingung dengan banyaknya pilihan tadi. Meskipun wujudnya mungil, handle pintu memiliki peran penting dan wajib ada pada sebuah pintu.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyesuaikan gagang pintu dengan desain rumah. Hal ini tentunya juga akan sangat mempengaruhi keselarasan rumah kamu. Jika kamu ingin membangun bentuk rumah yang minimalis, kamu bisa memilih bahan dasar stainless steel karena bentuknya yang sederhana dan mudah digunakan. Tetapi jika kamu ingin menampilkan kesan klasik biasanya handle pintu dengan bahan dasar logam, kuningan, baja atau jenis logam lainnya bisa kamu jadikan pilihan utama karena dapat memberikan kesan mewah. Dapatkan tips menarik lainnya di artikel tips membeli handle pintu utama!

Rekomendasi Memilih Handle pada Lemari dan Laci

handle lemari

Sumber: https://www.pexels.com/photo/minimalist-styled-wardrobe-with-empty-shelves-in-room-7005283/

Konsep penataan rumah tidak dapat terlepas dari menempatkan perabot rumah tangga seperti laci dan lemari. Untuk menyatukannya dalam suatu ruangan, tentu kamu perlu menarik satu warna atau corak atau bahan dari beberapa perabot di ruangan yang akan kamu tata. Dan pemilihan handle lemari dan laci di ruangan juga perlu dipertimbangkan lho! Kamu bisa menggunakannya untuk membentuk tema ruangan dan menyatukan keselarasan seluruh ruangan.

Laci merupakan bagian yang tak bisa dihilangkan dari lemari. Untuk membukanya maka sudah pasti diperlukan handle. Terlepas dari fungsinya sebagai pegangan lemari dan laci, bagi kaum muda pasti sangat penting untuk memilih handle lemari dan laci dari segi dekorasi dan bentuknya.

Terkadang kita kebingungan untuk memilih handle untuk lemari dan laci yang sesuai dan cocok dengan ruangan. Padahal handle pintu lemari atau laci bisa kamu pilih berdasarkan bahan, bentuk dan warna. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor dibawah ini sebelum memutuskan handle laci dan lemari yang akan kamu pilih.

  • Sesuaikan bentuk dengan ukuran

Tips memilih handle lemari dan laci yang pertama adalah kamu perlu untuk menyesuaikan bentuk handle dengan ukuran lemari. Jangan sampai kamu menggunakan handle yang besar untuk lemari kecil karena akan mengurangi nilai estetika dan membuat laci terlihat sempit.

Biasanya ukuran lemari yang tidak sesuai dengan handle terkesan dipaksakan, sehingga terlihat tidak simetris. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan lemari dan laci ya! Jangan memaksakan karena tergiur dengan bentuknya yang bagus dan harganya yang murah.

  • Memilih Warna yang senada

Tips selanjutnya, kamu bisa menentukan warna yang sesuai dengan laci atau lemari di rumah kamu. Warna merupakan satu faktor yang tak kalah penting untuk menambah nilai estetikanya. Contohnya apabila kamu memiliki lemari berwarna coklat, maka sebaiknya kamu pilih handle handle berwarna hitam atau sama coklat.

Contoh lainnya, jika laci kamu berwarna merah muda, sebaiknya memilih handle berwarna silver atau bisa juga perak. Dengan padu padan tadi, lemari dan handle menghasilkan harmoni warna yang indah dan cantik. Apalagi jika lemari tadi digunakan untuk lemari hiasan.

  • Sesuaikan handle dengan kunci

Setiap lemari dan laci pasti akan dilengkapi dengan kunci. Maka, sebagai tips memilih handle selanjutnya adalah kamu perlu menyesuaikan dengan kuncinya. Dan biasanya handle dan kunci dijual dalam bentuk satu set. Meskipun handle dan kunci dijual terpisah, kamu perlu pandai memilih dan menyesuaikannya dengan kunci yang digunakan untuk lemari dan laci agar menghasilkan lemari dan laci yang serasi.

  • Sesuaikan dengan harganya

Faktor penting selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memilih harga yang sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Ingat, tidak perlu terlalu memaksakan diri memilih yang mahal. Padahal handle akan digunakan untuk lemari biasa, hal ini malah akan membuat tampilan tidak serasi.

Biasanya handle yang dibanderol dengan harga mahal memiliki banyak ukiran dan variasi dalam bentuknya sehingga menampilkan kesan yang elegan dan mewah, namun handle jenis ini tentu tidak akan cocok bila digunakan untuk lemari dengan kualitas standar.

  • Pertimbangkan fungsi lemari

Lemari memiliki banyak sekali jenis, mulai dari lemari untuk menyimpan pakaian, lemari untuk memajang pajangan rumah, serta lemari untuk menyimpan televisi, sampai lemari untuk menyimpan koleksi seperti tas ataupun sepatu. Dengan demikian, tips memilih handle yang terakhir adalah kamu perlu menyesuaikan handle dengan jenis dan fungsi lemari.

Jika handle nantinya akan digunakan untuk lemari pajangan, maka sebaiknya kamu memilih handle dengan banyak ukiran dan dekorasi dikarenakan lemari pajangan biasanya disimpan di ruang tamu sehingga harus memiliki nilai estetika agar tampak serasi dengan lainnya. Kamu juga bisa membaca tips lain di artikel tips memilih handle lemari dan laci.

Simple, Berikut Tips Memilih Handle Pintu Kamar Mandi

handle pintu kamar mandi

Sumber: https://www.pexels.com/photo/an-empty-toilet-7045362/

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, handle merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti memegang/pegangan. Jadi bisa dipastikan bahwa handle merupakan suatu pegangan yang terdapat pada pintunya sehingga seseorang bisa dengan mudah membuka atau menutup ruangan tersebut.

Handle biasanya juga memiliki nilai estetika tambahan untuk ruangan, tak terkecuali kamar mandi. Sehingga handle juga dapat memiliki fungsi lain sebagai penghias pintunya. Berdasarkan jenisnya, handle dibagi menjadi dua jenis yaitu Pull dan Lever.

Jenis Pull dan Jenis Lever tentu saja mempunyai perbedaan yang signifikan. Sementara dari segi bahan, handle juga dibagi kembali yaitu handle berbahan dasar Stainless Steel, Brass atau Kuningan, Besi, kayu, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya pilihan bahan tadi tentu bisa membuat semua orang leluasa memilih handle yang sesuai dengan selera dan pastinya sesuai dengan pintunya sehingga bisa menjadi penghias yang mempercantik penampilan kamar mandi atau juga desain interior rumah.

Dengan beragamnya perbedaan atau hal dalam suatu handle pintu tadi, kamu tentu setuju bahwa untuk memilih handle tersebut juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Pasti terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Di artikel kali ini kita sudah menyiapkan cara simple memilih handle pintu khusus untuk kamar mandi! Simak sampai habis ya!

  • Perhatikan fungsi handle pintu kamar mandi

Handle atau pegangan pintu pada kamar mandi tentunya memiliki beberapa fungsi seperti untuk memudahkan semua orang dalam membuka dan menutup kamar mandi, menjadi pemanis atau penghias pintu kamar mandi, dan sebagainya.

Sudah menjadi hal lumrah saat seseorang menyebutkan bahwa suatu pintu rusak padahal hanya pegangan atau handlenya saja yang rusak. Hal tersebut sudah bisa menandakan bahwa pegangan atau handle pintu memiliki peranan yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar.

  • Faktor penting dalam memilih handle pintu kamar mandi

Dalam pemilihan handle pintu kamar mandi tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu dan bahkan harus kamu perhatikan. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mendapatkan hasil atau fungsi maksimal dari tujuan pemasangan handle pintu pada kamar mandi di rumah.

- Posisi handle

Hal penting yang kali pertama yang harus diperhatikan adalah posisi handle atau pegangan pintu yang akan dipasang. Hal itu wajib diperhatikan sebab terdapat beberapa bagian rumah yang tidak memerlukan fungsi atau sistem penguncian.

- Faktor keamanan

Dikarenakan pada pembahasan kali ini posisi handle atau pegangan pintu akan dipasangkan pada pintu kamar mandi dalam rumah, jadi sudah pasti pegangan atau handle pintu tersebut harus dipastikan memiliki sistem penguncian yang aman dan nyaman.

- Perhatikan kenyamanan

Selain keamanan, faktor kenyamanan juga tentu saja perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu siapa yang akan menggunakan handlenya tersebut. Apakah anak-anak, orang tua, atau bahkan lansia.

- Estetika

Karena handle juga memiliki fungsi untuk mempercantik atau pun memperindah tampilan rumah terutama pada pintu kamar mandi, maka tentu saja kamu perlu memperhatikan bentuk, desain, dan juga finishing dari handlenya tersebut.

- Ketebalan handle

Dan hal penting terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketebalan dari handle pintu tersebut. Mengukur ketebalan pintu sangat penting karena tak sedikit pintu yang memiliki ketebalan standar sehingga kurang unik jika memakai ukuran itu-itu saja.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih pintu kamar mandi. Kamu juga bisa mendapat tips menarik lainnya di artikel tips 5 Hal Penting Dalam Pemilihan Handle Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Handle Pintu Minimalis

handle pintu minimalis

Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-wooden-door-near-window-887822/

Handle pintu merupakan hal yang kelihatannya sangat sepele. Padahal sebuah handle sebenarnya memiliki peranan yang cukup penting lho. Bayangkan saja jika pintu tidak memiliki handle. Hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan, estetika, bahkan keamanan di rumah kamu.

Misalnya saja, dari segi estetika jika sebuah handle pintu tidak matching dengan konsep pintu atau rumah, maka nilai estetikanya menjadi berkurang. Dan yang lebih penting lagi, handle pintu yang gampang dibuka tentu akan membuat rumah kamu menjadi kurang aman.

Karena beberapa hal itulah, memilih handle pintu haruslah jeli dan tidak boleh sembarangan. Apalagi untuk handle pintu pada rumah yang memiliki konsep minimalis. Jangan sampai karena salah pilih handle pintu, rumah kamu malah jadi tidak sedap dipandang mata. Nah, berikut adalah beberapa tips memilih handle pintu minimalis. Silahkan disimak sampai habis!

  • Perhatikan tipe handle

Bagi kamu yang masih awam, mungkin belum tahu seperti apa tipe handle pintu minimalis. Ya, handle pintu sejatinya memiliki dua tipe yang berbeda. Pertama adalah tipe lever atau yang biasa dikenal handle genggam. Handle genggam merupakan jenis handle pintu yang cara membukanya cukup dengan mendorong pintu tersebut. Tipe ini biasanya sering digunakan untuk desain rumah-rumah besar dan mewah karena bisa menghadirkan kesan elegan.

Dan tipe yang kedua adalah tipe knop atau yang lebih familiar dengan istilah gagang putar. Handle pintu jenis ini lebih praktis dan bahkan tingkat kesulitan dalam membukanya lebih sulit dibanding tipe pertama apabila dalam keadaan tidak dikunci. Biasanya pintu-pintu rumah minimalis menggunakan tipe knop karena model pintunya yang cenderung memiliki satu daun saja.

  • Dari Segi Fungsi

Handle pintu minimalis sudah pasti memiliki beberapa macam jenis yang digolongkan berdasarkan fungsinya. Jenis pertama adalah handle pintu yang tidak ada kuncinya atau passage set. Kemudian, ada juga handle pintu dengan kunci yang sering digunakan untuk masuk dan keluar atau entry set. Selain itu, terdapat pula handle yang modelnya terintegrasi kuncinya yang terpisah dari handle. Biasa dikenal dengan sebutan privacy set. Dan yang terakhir adalah handle dua gagang yang berpadu jadi satu kesatuan atau dummy set.

Pemilihan handle berdasarkan fungsi tersebut tentu harus disesuaikan dengan letak pintu rumah kamu. Misalkan untuk pintu utama, kamu bisa menggunakan tipe entry set yang bisa dikunci. Sementara untuk pintu kamar mandi bisa menggunakan passage set yang tidak berkunci. Jenis handle yang digunakan pun mempunyai beberapa model. Dari model yang biasa saja sampai desain yang rumit. Baca tips menarik lainnya di tips sederhana memilih handle pintu minimalis.

Tips Memilih Desain Gagang Pintu yang Minimalis

desain handle pintu minimalis

Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-red-door-981999/

Gagang pintu pastinya berfungsi untuk pegangan saat akan membuka pintu. Fungsi lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah sebagai penambah estetika di rumah kamu. Sebenarnya terdapat beragam jenis dan motif gagang yang tersedia di pasaran. Mulai dari jenis engsel, tarik, putar, dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan style yang ditawarkan. Style minimalist salah satunya. Biasanya gagang pintu minimalis bisa membuat tampilan rumah kamu terasa seperti hotel berbintang.

Nah supaya tidak salah pilih, berikut adalah tips memilih gagang pintu minimalis yang bisa kamu lakukan.

  • Berbentuk bulat

Dengan model gagang pintu seperti ini rumah kamu tentunya akan terlihat lebih elegan dan minimalis. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan pintu polos warna solid yang pastinya akan menambah nilai estetika rumah kamu.

  • Berwarna hitam

Warna hitam pastinya memang bisa membuat segalanya menjadi lebih elegan tidak terkecuali dengan gagang pintu ini. Kombinasi warna yang bisa digunakan dengan gagang hitam adalah putih hitam, hitam hitam, dan silver hitam. Selain itu bahan yang bisa digunakan juga beragam sesuai dengan selera kamu masing-masing. Ada baiknya kamu menggunakan bahan yang terbuat dari stainless steel.

  • Model Panjang vertical terlihat lebih kokoh

Gagang pintu minimalis ini adalah model yang bisa dipakai jika kamu memiliki rumah dengan kusen yang tinggi. Jika kusen yang kamu miliki cukup kecil dan rendah sebaiknya jangan menggunakan gagang jenis ini karena pasti akan terlihat aneh. Material yang bisa digunakan untuk gagang ini adalah stainless steel dan besi. Sementara kombinasi warna yang bisa digunakan adalah silver dan hitam.

  • Kesan modern dengan model seamless

Gagang pintu dengan model seperti ini bisa dibilang minimalis sekali karena bsia menghemat banyak tempat. Untuk material yang digunakan oleh gagang pintu ini biasanya terbuat dari stainless steel dan plastik. Sebaiknya kamu menggunakan material stainless steel agar umur gagang pintu tersebut cukup lama. Dan untuk kombinasi yang bisa dilakukan dengan gagang ini adalah pintu dengan material kayu berwarna coklat ataupun putih.

  • Model ergonomis

Model ergonomis yang futuristik merupakan satu inovasi gagang pintu untuk masa depan. Memiliki desain kotak yang kokoh tentunya sangat cocok dikombinasikan dengan pintu material stainless steel. Keamanan yang dimiliki oleh gagang pintu ini pun bisa dikatakan cukup baik. Material yang digunakannya membuat gagang pintu ini susah untuk dibobol oleh orang lain. Biasanya hotel berbintang menggunakan jenis gagang ini karena menimbulkan kesan yang minimalis dan keamanannya cukup baik.

Itu tadi adalah beragam tips memilih gagang pintu yang bisa kamu coba di rumah. Sebaiknya kamu juga mempertimbangkan kombinasi warna dan bahan yang tepat agar nilai estetikanya bisa bertambah. Tapi, jangan terlalu berfokus pada nilai estetika sampai mengabaikan keamanan dan kenyamanan saat digunakan oleh penghuni rumah ya! Dapatkan tips menarik lainnya di artikel rekomendasi desain gagang pintu yang minimalis!

Semua jenis handle pintu tersebut bisa Anda dapatkan di Vinindo Corporation. Tersedia berbagai handle pintu dari Vintage dan Aomori dengan model bervariasi dan trendy tentunya. Selain handle pintu kami juga menjual berbagai macam produk tarikan laci, door pull, perkakas, dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK