11 Nov 2021

8 Cara Ini Bisa Membuat Pintu Anda Anti Maling!

8 Cara Ini Bisa Membuat Pintu Anda Anti Maling!

Pintu merupakan lalu lintas keluar masuk yang keamanannya harus dijaga agar tidak ada celah maling untuk membobolnya. Rumah kemalingan mengindikasikan keamanan yang sangat lemah. Beragam cara bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan seperti memasang kamera CCTV, memelihara hewan, dan memasang jeruji besi.

Tapi, apakah Anda telah mempersiapkan keamanan untuk pintu?. Bagaimana cara untuk menjaga keamanannya? Yuk, simak cara berikut untuk membuat pintu anti maling.

Pastikan Pintu Menggunakan Material yang Kuat

Cara membuat pintu anti maling yaitu dengan pemilihan material yang kuat. Pilih material pintu yang tidak goyang, lapuk, dan mudah rusak. Beberapa material yang bisa Anda pilih seperti kayu jati, besi, baja, dan teralis. 

Biaya yang diperlukan untuk membuat pintu anti maling dengan material yang kuat memang sangat besar. Tapi, fungsinya juga sangat diperlukan terlebih jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya. Pastikan penggunaannya cocok untuk Anda. Jangan sampai terlalu kuat yang mengakibatkan kesusahan untuk didobrak saat terjadi kebakaran.

Pasang Tambahan Kunci Deadlock

Kunci tambahan memang sangat diperlukan terlebih jika rumah Anda berada di pinggir jalan. Kunci deadlock memungkinkan pintu Anda tidak bisa dirusak oleh maling. Mereka akan enggan mengincar rumah yang dilengkapi dengan tambahan kunci deadlock karena susah untuk didobrak

Jauhkan Lokasi Pintu dari Jendela

Menjauhkan lokasi pintu dengan jendela memungkinkan maling akan kesusahan untuk membukanya. Terlebih jika kusen pintu Anda terbuat dari material yang sangat kuat. Sebaliknya, pintu yang terhubung dengan jendela akan memudahkan maling membukanya dari dalam hanya dengan memasukkan tangannya ke jendela rumah dan memutar kunci pintu rumah Anda.

Ganti Plat Besi yang Sudah Rapuh

Plat besi yang sudah rapuh membuat keamanan rumah Anda sangat dikhawatirkan. Cek secara berkala apakah sudah berkarat atau masih bagus. Gunakan plat besi yang terbuat dari material anti karat jika pintu Anda berada di luar ruangan.

Pasang Pengaman Silinder Disekitar Kunci Silinder

Lindungi kunci pintu rumah Anda dengan besi pengaman atau cincin pelindung di segala sisinya. Lingkaran pengaman kunci membuat maling kesulitan untuk membobolnya. Biasanya kunci pintu telah ada pengaman silinder dari pabriknya. Jika pintu belum terdapat pengaman Anda bisa membelinya di toko bangunan.

Beri Pengaman Ekstra di Pintu dan Jendela

Salah satu pengaman yang bisa dipasang di pintu adalah dengan menambahkan slot pintu yang disesuaikan dengan material pintu Anda. Ukur sesuai dengan penggunaan Anda. Pastikan material slot pintu terbuat dari besi atau baja yang membuatnya susah untuk didobrak maling.

Pasang Door Viewer (Lubang Pengintip)

Lubang pengintip sering dipasang di pintu hotel. Fungsi utamanya adalah untuk mengetahui aktivitas dibalik pintu tersebut. ini seperti mata-mata saat ada orang menggedor pintu kita. Lubang pengintip memungkinkan Anda untuk mengenali tamu dan menghindari dari penipuan. Pemasangannya diletakkan pada tengah-tengah pintu yang sejajar dengan mata Anda.

Pasang Kamera CCTV

Kamera CCTV adalah satu cara terbaik untuk mengamankan pintu Anda. Ini bukan untuk mencegahnya tapi lebih berfungsi mendapatkan bukti dari aktivitas kejahatan yang telah dilakukan oleh seseorang. Bila perlu pasang kamera CCTV yang bisa terkoneksi dengan gawai Anda. Sehingga, bisa dikontrol dari jarak jauh selagi tidak berada di rumah.

Terlepas dari itu semua cara menjaga keamanan rumah adalah dari diri Anda sendiri. Sekuat-kuatnya pintu akan dapat dirusak juga. Selemah-lemahnya pintu akan menjadi kuat juga jika tidak ada celah untuk merusaknya. Pertimbangkan juga keamanan dan keselamatan penghuni rumah. Jangan asal memasang pintu yang sangat kuat tapi mengesampingkan keselamatannya. Itu sangat berbahaya daripada sebuah kalung emas yang hilang dicuri maling.

Hal terpenting lainnya untuk menjaga keamanan pintu adalah dengan selalu menutupnya saat keluar masuk rumah. Ingatlah baik-baik di otak Anda untuk melakukan aktivitas tersebut. Jangan anggap remeh hal tersebut. Ingat, kejahatan terjadi karena keteledoran dan kesempatan yang ada! Itulah beberapa cara untuk meningkatkan keamanan pintu anti maling yang bisa Anda lakukan. Selalu waspada dan berdoa untuk keselamatan penghuni rumah. 

Untuk mendapatkan gembok kunci yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya untuk mengamankan rumah Anda. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK