17 Nov 2021

8 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur

8 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur

Tidak terasa musim liburan akan segera tiba. Tentu saja Anda akan memanfaatkannya untuk berlibur ke pantai, danau, gunung, dan tempat rekreasi lainnya.

Tapi, bagaimana dengan keadaan rumah saat ditinggal berlibur? Pastinya Anda khawatir dan cemas jika pulang berlibur barang kesayangan sudah tidak berada di tempatnya lagi. Untuk itulah sebelum berlibur pastikan rumah dan barang yang Anda tinggalnya keamanannya terjaga. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan rumah. Berikut ini beberapa diantaranya.

Keamanan Rumah dengan Mengamankan Barang Berharga

Ada baiknya sebelum meninggalkan rumah amankan barang berharga Anda seperti sepeda, tv, emas, dan sertifikat. Letakkan pada kamar pribadi lebih baik juga sediakan tempat penyimpanan khusus yang dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi. Pastikan hanya keluarga Anda yang mengetahui tempat penyimpanan tersebut agar tidak terjadi kehilangan barang oleh orang dalam.

Kunci Rapat Pintu dan Jendela

Ini merupakan hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan sebelum keluar rumah. Pintu, jendela, dan celah-celah yang terbuka sangat berpotensi mengundang kejahatan. Anda harus menutupnya dengan benar dan gunakan juga pengaman ganda pada pintu dan jendela. Sehingga, tidak bisa dicongkel oleh maling. Pastikan juga kualitas pintu dan jendela Anda sangat baik.

Pasang Lampu Otomatis

Memasang lampu otomatis membuat rumah Anda terlihat berpenghuni saat di malam hari dan berfungsi menerangi rumah Anda. Sehingga, jika ada maling yang masuk dengan cepat ada orang yang memergokinya. Agar tidak borong listrik gunakan lampu dengan jenis baterai yang dapat mengisi secara otomatis oleh tenaga surya.

Mematikan Arus Listrik

Mematikan arus listrik saat rumah tidak dihuni adalah cara terbaik untuk menghindari kebakaran rumah. Anda dapat melakukannya dengan mencabut semua setrika, kulkas, dan barang lainnya dari stop kontak. Jangan lupa matikan juga arus listrik PLN ke rumah Anda. Pastikan cek ulang saat akan meninggalkan rumah merupakan hal yang wajib Anda lakukan untuk memastikan tidak ada arus listrik.

Beritahu Tetangga Sekitar Jika Anda Sedang Tidak di Rumah

Memberitahu tetangga sekitar memungkinkan mereka ikut menjaga rumah kita. Seperti jika ada tamu, paket, dan lainnya mereka dapat dengan mudah melaporkannya ke Anda. Pastikan hanya memberitahu ke tetangga kepercayaan Anda agar tidak adanya kong kalikong antara maling dengan tetangga.

Pasang Alarm dan CCTV

Memasang alarm dan CCTV memungkinkan Anda untuk tetap bisa menjaga rumah dengan jarak jauh. Gunakan CCTV yang bisa terkoneksi dengan gawai agar memudahkan dalam pengawasannya.

Jangan Meninggalkan Kunci di Tempat Rahasia

Perilaku ini seperti telah menjadi kebudayaan kita. Meninggalkan kunci di tempat biasanya akan memudahkan orang lain untuk menemukannya. Ada baiknya jika tidak ada orang di rumah bawa semua kunci yang Anda miliki dan simpan dengan baik-baik.

Pastikan Ruangan Rumah Bebas Sampah

Keamanan rumah bukan hanya menghindari dari kemalingan. Tapi, juga untuk menjaga agar barang-barang tetap pada kondisi aslinya. Jika keadaan rumah sangat kotor akan menyebabkan rusaknya barang-barang yang kita miliki. Bayangkan setelah asyik berlibur dan masuk kamar tidur tiba-tiba melihat kasur kesayangan Anda dimakan tikus. Bagaimana perasaan Anda? Tentunya campur adukkan? Nah, untuk itu pastikan sebelum berlibur bersihkan terlebih dahulu semua ruangan di rumah Anda.

Itulah rangkuman beberapa cara rahasia untuk menjaga keamanan rumah Anda saat liburan. Tetap berhati-hati dan jangan ceroboh dalam mengamankan rumah Anda. Ada baiknya hubungi keluarga besar atau tetangga sekitar jika Anda pergi berlibur dalam waktu yang lama agar mereka dapat ikut serta mengamankan barang dan rumah Anda.

Jangan lupa beri cendera mata saat pulang dari liburan, ya. Anggap saja itu bonus bagi mereka yang telah sukarela menjaga rumah Anda. Semoga liburan Anda menyenangkan dan tidak khawatir lagi terkait kondisi di rumah Anda. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi suram hanya gara-gara lupa menutup pintu, ya.

Jika Anda membutuhkan gembok kunci yang berkualitas untuk mengamankan rumah Anda, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK