31 Dec 2021

Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Besar

Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Besar

Ingin ruang tamu kecil tampak lebih besar? Jangan khawatir, anda dapat melakukannya dengan ide manipulatif yaitu dengan menggunakan efek tipuan mata. Strategi ini dapat mengubah area yang kecil menjadi tampak lebih besar dan nyaman. Kunci utamanya adalah dengan mengatur intensitas cahaya dan ruang semaksimal mungkin. Jangan insecure ya dengan ruang tamu yang kecil, bisa banget loh dibuat jadi lebih besar! Terutama untuk anda yang memiliki hunian baru, berikut tips membuat ruang kecil tampak lebih besar yang kami rangkumkan untuk anda.

1. Memadukan Cermin

Kekuatan cermin tidak perlu diragukan lagi. Sebaiknya gunakan cermin yang besar agar dapat memantulkan cahaya yang datang dari arah jendela, dengan begitu akan membuat ruang menjadi lebih cerah dan ilusi ruang akan membuat ruang tamu tampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

2. Warna Netral

Ruangan yang kecil atau minimalis kurang cocok dengan warna yang gelap. Kami rekomendasikan untuk memilih warna cat tembok yang berwarna putih, abu terang, krem agar ruangan tampak lebih nyaman dan hangat. 

3. Sofa yang Netral

Sofa merupakan perabot terbesar yang ada diruang tamu.  Ada baiknya untuk memilih sofa yang warnanya netral, tapi bukan berarti polos saja ya. Pilih sofa dengan motif yang indah seperti kancing, alur atau lekukan agar terbangun karakter yang kuat di ruang tamu anda. Selain itu, pilih juga bantal sofa atau kursi yang beraksen. Hal ini bagus untuk meningkatkan tampilan ruangan.

4. Pilih Tirai yang Ringan dan Lembut

Memilih tirai yang ringan dan lembut tidak akan menghalangi cahaya yang masuk dan akan membuat ruangan lebih ceria. Gunakan tirai yang warna dan desainnya lembut untuk menyempurnakan ruang tamu anda.

5. Fokuskan Pada Langit-langit

Ruang tamu dengan dimensi horizontal dan vertikal dapat dengan mudah untuk fokus pada langit-langit. Hiaslah dengan teknik karya seni dari ukuran kecil hingga menengah. Mata yang memandang akan berkeliaran tanpa batas sehingga teknik ini ampuh untuk membuat ruang tamu tampak lebih besar.

6. Furniture Ringan

Pilih furniture yang tampilannya ringan. Pertimbangannya terdapat pada berat objek berdasar warna, ukuran dan desain. Karena yang berat akan membuat ruangan menjadi semakin sempit. Hindari benda yang berbentuk kotak, pilih saja yang memiliki kaki dan warnanya soft. Perabot yang demikian akan membuat area menjadi tampak lebih luas.

7. Memilih Karpet yang Tepat

Tips membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar selanjutnya adalah dengan memilih karpet yang tepat juga memiliki nilai estetika ya. Jadi jangan asal pilih motif yang anda sukai, karena harus disesuaikan dengan warna cat tembok, furniture dan lain sebagainya. Sehingga semuanya tampak selaras dan sedap dipandang. Untuk ruangan yang minimalis, gunakan karpet dengan ukuran 240X300cm atau 150X240cm. Pastikan kaki sofa menginjak karpet jika posisi sofa menempel pada dinding.

8. Gunakan Jasa Furniture Custom Built

Bagi anda yang masih bingung untuk memilih dan memikirkan tata letak furnitur, anda dapat menggunakan jasa furniture custom built guna memaksimalkan sudut ruangan yang belum terpakai. Anda juga dapat custom lemari minimalis agar ruangan rapi dan tampak besar. Siasat ini akan bekerja secara efektif, hanya saja anda harus merogoh kantong lebih dari furnitur pada umumnya.

Gimana? Sudah tidak perlu minder lagi ya dengan ruang tamu kecil anda. Ruang tamu adalah jantungnya sebuah rumah yang akan menjadi tempat anda rebahan seusai bekerja, menjamu tamu kesayangan atau kerabat dekat. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba tips membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar ini ya. Semoga bermanfaat.

Vinindo Corporation merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Kami menyediakan berbagai macam peralatan rumah dan bangunan Anda yang kokoh dengan berbagai macam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK