04 Feb 2022 Cara Memasang Frame di Tembok agar Lurus

Cara Memasang Frame di Tembok agar Lurus

Sejumlah orang kerap memasang frame untuk menambah keindahan rumah. Sejatinya rumah tidak hanya sebagai tempat berteduh dari hujan dan terik matahari tapi juga sarana mengekspresikan diri terutama dalam penataan interior. Memasang frame ditembok merupakan salah satu langkah yang tepat. Hunian anda akan tampak lebih berwarna. Biasanya frame atau pigura yang dipajang memuat foto keluarga, foto orang tua maupun foto anak-anak. Pada dasarnya frame dapat dipasang pada bagian tembok mana saja. Namun, masih banyak yang belum mengerti praktik pemasangannya. Terkadang susah mengatur antar satu frame dengan frame lain agar lurus tapi faktanya tetap saja tidak simetris.  Jangan khawatir, dibawah ini akan kami ulas lebih lanjut cara memasang frame di tembok agar lurus. Simak dengan baik ya.

1. Tentukan letak pigura dengan tepat

Langkah pertama, Tentukan letak pigura dengan tepat. Dahulukan pigura besar terlebih dahulu disusul pigura berukuran sedang dan kecil. Hal ini dilakukan agar nilai seni keanggunan rumah dapat tercipta secara sempurna. Tempelkan pigura yang ingin dipasang, mintalah bantuan kerabat untuk memegang foto dan melihat posisinya gaar sesuai. Tandai menggunakan pensil hingga semua selesai.

2. Pilihlah perangkat penggantung

Setelah selesai menandai titik atau posisi pigura, Pilih perangkat yang akan digantung. Kami sarankan untuk memasang pigura besar pada ruang tamu. Nah untuk perangkat penggantung gunakan paku atau sekrup yang idealnya dapat menahan beban cukup berat. Sesuaikan ukuran paku dengan lubang yang terdapat dibelakang frame atau pigura. Posisikan paku sekitar 45 derajat untuk hasil yang maksimal. Bagimana jika anda memilih menggunakan sekrup, apakah caranya sama? Tentu saja berbeda ya. Sekrup harus dipasang dengan perangkat yang bernama bor. Lakukan dengan hati-hati agar dinding cantik anda tidak rusak. Masukan sekrup dan kencangkan dengan menggunakan bor.

3. Gantung dan luruskan posisi pigura

Saat sudah selesai melakukan dua tahapan diatas, Gantung dan luruskan frame pada posisi yang telah ditentukan. Pastikan bahwa yang anda pasang berupa potret keluarga, karya seni atau moment ketika berlibur disebuah tempat. Gantung dan luruskan pigura secara tepat, pasalnya jika tidak tepat dapat membuat pigura jatuh. 

4. Gunakan waterpass agar posisi lebih simetris

Agar lebih meyakinkan posisi pigura simetris, gunakan waterpass dan letakkan dibagian atas pigura. Jika gelembung air pada waterpass berada dibagian tengah, itu artinya pigura anda telah terpasang secara lurus. Akan tetapi, jika gelembung air waterpass berada pada salah satu sisi saja, maka dipastikan pigura anda tidak terpasang dengan lurus. Lakukan perombakan dengan menggunakan langkah yang sama. Lebih berhati-hatilah agar tidak melakukan perombakan untuk kedua kalinya. 

5. Gunakan double meteran gulung

Anda tidak memiliki waterpass?  Lakukan saja dengan cara manual ketimbang harus membeli alat tersebut. Manfaatkan meteran gulung yang ada dirumah anda. Caranya tentu saja membutuhkan bantuan orang lain. Mintalah orang yang berada dirumah untuk memegang bagian ujung meteran gulung. Tarik kearah sejajar dan jika pigura yang anda pasang tidak lurus,  akan tampak dari jarak bagian bawah pigura dengan meteran. 

Demikian informasi cara memasang frame di tembok agar lurus. Kami berharap informasi ini dapat menjadi penambah wawasan saat anda ingin memasang frame tanpa takut tidak lurus atau simetris. Pasanglah sebagus mungkin supaya rumah anda tampak lebih menarik dan elegan.

Percayakan kebutuhan waterpass Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam produk waterpass, siku tukang, pahat kayu dan alat pertukangan lainnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Share this article
BACK