01 Mar 2022

Tips Perawatan Handle Pintu Agar Terhindar dari Bercak

Tips Perawatan Handle Pintu Agar Terhindar dari Bercak

Banyak pemilik rumah yang tidak nyaman dengan handle pintu apabila sudah mulai timbul bercak. Selain menjadi tidak rapi, penghuni rumah akan merasa tidak nyaman dengan bercak pada handle pintu tersebut. Terlebih jika ada tamu istimewa yang berkunjung. Penyebabnya terjadi karena beberapa faktor diantaranya pemilihan bahan handle pintu yang tidak berkualitas, suhu kelembaban yang tinggi serta kurangnya perawatan secara berkala pada handle pintu. Untuk memudahkan Anda, berikut kami bagikan tips perawatan handle pintu yang bercak. Jangan sampai ada yang terlewat saat membacanya ya!

1. Hindarkan Handle Pintu dari Benturan dan Gesekan Benda Tajam

Handle pintu harus terhindar dari benturan dan gesekan benda tajam seperti silet, gunting, amplas, obeng dan sejenisnya. Meski handle pintu terbuat dari bahan-bahan berkualitas, jika terkena benda-benda tajam akan tetap menimbulkan bekas yang tidak dapat hilang. Bekas inilah yang nantinya akan menjadi bercak pada handle pintu. Hindarkan sejauh mungkin benda tajam dari handle pintu agar tetap terjaga. Simpan di tempat yang aman serta tidak dapat dijangkau oleh anak-anak yang masih di bawah pengawasan. Sebab anak-anak kerap kali menggesek-gesek handle pintu menggunakan gunting atau obeng. 

2. Hindarkan Handle Pintu dari Bahan Kimia

Tips perawatan handle pintu dari bercak selanjutnya adalah menghindarkan handle pintu dari bahan kimia yang sifatnya asam dan dapat mengikis handle pintu. Terlebih jika terbuat dari bahan stainless steel yang rentan terhadap bahan kimia seperti tiner. Kandungan pada tiner tersebut dapat merusak lapisan handle pintu dengan mudah. Alhasil akan timbul bercak mengganggu pada handle pintu rumah Anda.

3. Hindarkan Handle dari Semua Jenis Minyak

minyak

Sumber: pixabay.com

Handle yang aman dari semua jenis minyak seperti oli, pelumas gemuk dan sebagainya dapat terhindari dari bercak. Pasalnya semua jenis minyak sangat mudah menempel pada handle pintu hingga menyebabkan timbulnya bercak. Pelapis pada pintu tersebut akan menimbulkan bercak karena tidak tahan terhadap partikel zat yang terkandung dalam semua jenis minyak. Usahakan untuk memegang handle pintu dalam keadaan tangan bersih bebas dari semua jenis minyak tersebut.

4. Hindarkan Handle Pintu dari Jenis Perekat

Merawat handle pintu tidaklah sulit. Anda dapat melakukan perawatan dengan menghindarkan semua jenis perekat dari handle pintu. Kenapa demikian? karena perekat seperti selotip atau double tip memiliki daya rekat yang kuat sehingga susah dihilangkan dan dapat merusak lapisan handle. Jika hal tersebut terjadi, Anda akan merasa menyesal.

5. Bersihkan Handle Pintu Menggunakan Kain Halus dan Kering

kain lap

Sumber: unsplash.com

Tips perawatan handle pintu yang bercak dapat juga Anda lakukan dengan membersihkan handle pintu menggunakan kain yang halus dan lembut. Jangan menambahkan cairan pembersih apapun. Cukup dengan kain lap tersebut saja. Dengan begitu, debu yang menempel pada pori-pori handle mudah untuk dibersihkan. Tidak akan ada bercak membandel yang menempel pada handle. Alangkah lebih baik jika pembersihan dilakukan secara rutin minimal dua kali dalam sebulan. Sebagaimana Anda merawat benda kesayangan, maka handle pintu membutuhkan perawatan secara berkala.

Setelah mengetahui tips perawatan handle pintu yang bercak, lakukanlah perawatan secara berkala. Ingat ya, hanya menggunakan lap kering dan lembut saja. Jauhkan dari benda atau bahan kimia yang dapat merusak lapisan handle pintu agar tetap kinclong tanpa bercak!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam handle pintu berkualitas dengan berbagai model. Mari simak handle pintu Vintage kami untuk melihat jenis handle pintu yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih Top Brands Award 2022, segera hubungi kami untuk pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK