04 May 2022

5 Tipe Gembok Paling Kuat Anti Maling

5 Tipe Gembok Paling Kuat Anti Maling

Keamanan rumah merupakan hal yang sang sangat penting. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan keamanan rumah, mulai dari menggunakan sistem alarm, memasang kamera pengintai hingga menggunakan kunci gembok untuk menambah keamanan ekstra. Salah satu sistem keamanan yang mudah digunakan dan praktis adalah gembok. Gembok sendiri merupakan salah satu sistem keamanan yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu.

Ada berbagai jenis gembok yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan lingkungan tempat tinggal. Artikel berikut akan membahas beberapa tipe gembok terbaik anti maling yang dapat menjadi rekomendasi pilihan Anda dalam meningkatkan keamanan di rumah.

  1. Model Gembok Konvensional Pengunci Melengkung

Model gembok ini merupakan salah satu model konvensional yang banyak digunakan di Indonesia. Gembok ini juga dapat tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Model gembok ini memiliki dua tipe, yaitu leher panjang dan leher pendek yang dibedakan berdasarkan panjang lengkungan yang berfungsi untuk mengunci dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun murah dan mudah diperoleh, model gembok ini dapat dirusak dengan mudah menggunakan gergaji besi sehingga memiliki tingkat keamanan yang cukup kurang. Apabila Anda ingin menggunakan model gembok ini maka sangat disarankan bagi Anda untuk menambah sistem keamanan ekstra.

Gembok konvensional

  1. Model Gembok Pengunci Lurus

Model gembok lainnya yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda adalah model gembok pengunci lurus. Cara kerja model gembok ini mirip seperti model sebelumnya yang membedakan adalah model pengunci pada gembok ini tidak melengkung seperti model gembok konvensional sehingga lebih ringkas. Umumnya gembok ini digunakan untuk mengunci pintu besi, peti kemas, dan berbagai brankas besi.

  1. Model Gembok Kombinasi Kode Sandi 

Model gembok jenis ini mirip dengan berbagai model perangkat keamanan konvensional yang lain karena masih menggunakan sistem kunci yang perlu diputar untuk membentuk kode keamanan agar pengunci dapat terbuka. Selain praktis, tidak semua orang dapat membuka gembok ini karena perlu mengetahui kode sandi akses keamanannya. Sehingga Anda perlu memilih kode sandi yang tidak mudah diterka oleh orang lain.

Gembok dengan sandi

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/2020/01/jenis-kunci-gembok-dan-tingkat-keamanannya-cek-di-sini-sebelum-beli/   

  1. Model Gembok Pengamanan Ganda (Kode Sandi dan Kunci)

Model gembok ini menggunakan sistem keamanan ganda yaitu berupa kombinasi kode sandi dan kunci. Sehingga apabila Anda lupa dengan kode angka, akses masuk tetap dapat dibuka dengan kode kunci. Gembok dengan pengamanan ganda ini akan membuat keamanan rumah Anda terjaga dengan baik.

Gembok pengaman ganda

  1. Model Gembok Rantai

Jenis gembok ini biasanya digunakan untuk mengamankan pintu gerbang, pintu garasi, dan gudang. Model gembok ini umumnya digunakan saat pengunci pada model konvensional tidak terlalu memadai. Saat ini, gembok rantai tidak lagi terpisah antara gembok dan rantai karena sudah ada model gembok rantai yang dilengkapi dengan sistem pengunci tersendiri sehingga lebih praktis dan aman.

Selain itu menjaga keamanan lingkungan rumah, gembok rantai juga dapat digunakan untuk mengamankan sepeda motor maupun sepeda biasa saat sedang parkir di luar rumah agar tidak dicuri oleh maling atau oknum tidak bertanggung jawab.

Model gembok rantai

Demikian penjelasan serta pembahasan mengenai tipe gembok paling kuat anti maling. Semoga artikel tersebut dapat membantu dan memberikan tambahan informasi bagi Anda untuk memilih gembok pagar rumah yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. 

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gembok termasuk gembok dengan kode nomor. Mari simak gembok besi kami untuk melihat jenis gembok yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Articles

Share this article
BACK