28 Jun 2022

Perbaikan Kecil Agar Rumah Tampak Nyaman di Tahun Baru!

Perbaikan Kecil Agar Rumah Tampak Nyaman di Tahun Baru!

Ketika merenovasi rumah, Anda tidak perlu berpikir hingga harus menguras seluruh isi tabungan. Karenanya, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan proses renovasi rumah dengan harga terjangkau atau low budget dengan hasil maksimal. Berikut beberapa langkah tahapan renovasi agar rumah tampak tampil lebih nyaman di tahun baru!

1. Merawat Furniture

Jika Anda memiliki furnitur yang telah lama digunakan, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan furnitur baru. Hal tersebut dapat berdampak pada pemborosan. Karenanya, ketika Anda sedang merenovasi rumah, jangan pernah lupa untuk tetap menjaga kondisi furnitur agar tetap bersih. Khususnya berbagai furniture mebel berbahan dasar kayu, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti cahaya matahari, suhu, hingga kelembapan.

Selain itu, furnitur berlapis pelitur membutuhkan cairan kimia khusus dalam proses pembersihannya. Dalam hal ini, Anda perlu mengikuti berbagai instruksi yang ada dengan benar guna meminimalisir kesalahan renovasi yang menyebabkan degradasi.

2. Melindungi Dinding Ketika Renovasi Rumah

Selama proses renovasi rumah, Anda tidak harus mengganti seluruh bentuk fisik ruangan. Salah satu tujuan renovasi rumah adalah membuat tampilan dinding menjadi lebih baru dan segar. Karenanya, hal pertama yang dapat Anda lakukan ketika renovasi adalah memilih cat warna yang bagus dan tepat. Selain itu, jika dinding mengalami pengupasan, Anda dapat mengecatnya dengan warna putih sebagai dasar dekorasi sebelum menggunakan cat pilihan.

Tetapi, apabila kondisi dinding rumah Anda masih terlihat baik, renovasi dapat dilakukan dengan menggunakan cat pelapis. Fungsinya, agar kotoran, coretan, maupun tumpahan dapat dibersihkan dengan mudah. Anda juga dapat menggunakan wallpaper dinding untuk menciptakan suasana ruangan yang baru dan berbeda.

3. Memperbarui Desain Pintu

Jika Anda memiliki pintu kaya yang lapisan pelapisnya sudah buruk, lakukanlah perawatan dan pembersihan ketika renovasi berlangsung agar pintu dapat bertahan lebih lama.

Untuk mencegah pelapukan, Anda dapat merenovasi rumah dengan melapisi pintu kayu menggunakan pernis berbahan dasar minyak. Akan tetapi, jika pintu berbahan dasar logam, Anda hanya perlu melumasi engsel dan kaki pintu agar tetap fleksibel.

4. Mengatur Pencahayaan

Sebelum merenovasi rumah, ada baiknya Anda melihat ada tidaknya masalah pada sistem penerangan Anda. Jadi sebelum melakukan renovasi pada bagian lain, Anda dapat mengganti bagian-bagian yang redup atau rusak dengan menggunakan sistem penerangan yang baru.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan intensitas cahaya matahari di siang hari. Semakin cukup paparan cahaya matahari maka rumah akan menjadi lebih sehat, tidak tampak redup, dan tingkat kelembaban dapat lebih terjaga.

Dilansir dari website kompas.com, pencahayaan memainkan peran yang sangat penting dalam dekorasi rumah. Menggunakannya dengan baik dapat membantu Anda menghadirkan kehangatan ke area gelap. Bahkan hal ini dapat membuat rumah terkesan lebih besar karena cahaya didistribusikan ke seluruh area yang gelap

5. Menyegarkan Suasana Dapur

Renovasi dengan mempercantik tampilan dapur juga penting dilakukan untuk menambah kenyamanan dan keindahan ruangan. Karenanya, Anda dapat menempatkan beberapa foto atau gambar di dinding dapur atau mengubah warna cat dapur dengan warna-warna baru.

6. Berikan Sentuhan Tanaman Herbal

Untuk mendapatkan hasil renovasi yang cukup besar dengan anggaran dana yang sedikit, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan berbagai tanaman herbal atau tanaman mini dalam vas kaca kecil daur ulang. Sehingga, tampilan rumah akan menjadi lebih segar dan nyaman.

7. Jaga Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu kunci renovasi rumah dapat dilakukan secara maksimal. Karenanya, Anda perlu rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan cara membersihkan lantai hingga berbagai perabotan yang ada.

 

Demikian beberapa hal kecil untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi rekomendasi bagi Anda dalam melakukan renovasi rumah secara efektif dan efisien.

Saat melakukan renovasi rumah, tentu Anda membutuhkan beragam alat-alat pertukangan. Untuk itu, temukan alat pertukangan dengan kualitas terbaik di Vinindo Corporation. Kami menyediakan alat pertukangan dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK