30 Jun 2022

Memahami Langkah Antisipatif dalam Perawatan Gembok dan Kunci

Memahami Langkah Antisipatif dalam Perawatan Gembok dan Kunci

Sebagai komponen penyempurna pagar dan pintu, gembok memiliki peranan dalam memberikan proteksi dan perlindungan terhadap hunian. Tentunya, sistem keamanan menjadi penting untuk diperhatikan dan ditinjau secara optimal.

Maka dari itu lah, memberikan komponen gembok terhadap pintu maupun pagar menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan. Karena, tidak ada salahnya bukan dalam memberikan proteksi atau keamanan berlapis terhadap hunian?

Gembok dan Kunci Gembok Berkarat, Gimana Cara Mencegahnya?

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/gembok-coklat-277574/

Namun, untuk memaksimalkan fungsi utama dari gembok dengan baik dan tepat. Berbagai sistem proteksi keamanan juga memerlukan pembentukan langkah antisipatif, dengan menghadirkan perawatan gembok dan kunci secara optimal.

Karena nyatanya, resiko terjadinya kerusakan atau kecacatan berupa karat. Sangat riskan terjadi kepada gembok dan kuncinya. Oleh karena itu, berbagai langkah antisipatif penting untuk dibentuk sejak dini agar dapat menghadirkan perawatan gembok dan kunci secara maksimal. Dan berikut ini adalah berbagai cara pencegahan gembok berkarat.

1. Menggunakan Pelumas

Untuk memulai perawatan gembok dan kunci. Anda perlu menyiapkan pelumas. Dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan oli atau minyak goreng sebagai pelumas
  • Lakukanlah pelumasan dengan menyeluruh
  • Diamkan selama beberapa menit.

2. Oleskan Pelumas

Berikutnya, oleskan kembali pelumas pada gembok dan batang kunci dengan kadar yang tidak berlebihan.

3. Putar Kunci Gembok

Putarlah kunci sampai Anda dapat menggunakannya kembali. Namun, jika terjadi kemacetan atau kunci seolah-olah menjadi tersendat. Maka, Anda perlu menggunakan alat bantu berupa Tang dengan hati-hati.

4. Bersihkan dengan Tissue

Setelahnya, untuk membersihkan pelumas yang masih melekat pada gembok dan kuncinya. Anda dapat menggunakan tissue kering dengan bahan yang lembut, untuk melakukan pembersihan secara optimal.

Itulah berbagai langkah antisipatif dalam perawatan gembok dan kunci secara baik dan tepat. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat menyimak artikel berikut: Gembok dan Kunci Gembok Berkarat, Gimana Cara Mencegahnya?

Inilah Cara Mengatasi Gembok Macet Sangat Mudah

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-closeup-gerbang-putih-dengan-gembok-berwarna-kuningan-846288/

Kesulitan dalam membuka kunci seringkali dihadapi oleh banyak orang. Tentunya, kesulitan atau gangguan yang seringkali terjadi dikala membuka kunci gembok tidak boleh Anda abaikan begitu saja.

Nah, kemacetan yang terjadi saat membuka kunci gembok ini, dapat disebabkan oleh kehadiran karat. Dimana karat sendiri, muncul karena berbagai faktor layaknya cuaca dan paparan udara. Maka dari itu lah, perawatan terhadap gembok dan kunci penting untuk dilakukan.

Lantas, mungkin Anda bertanya-tanya. Apakah karat yang terdapat pada kunci maupun gembok dapat diatasi? Tentu saja jawabannya pasti bisa. Ya, selama besi tersebut belum mengalami keropos. Maka karat dapat diatasi dengan mudah.

Tertarik untuk mengetahui berbagai perawatan gembok dan kunci yang mengalami karat? Seberapa mudah untuk diterapkan dalam berbagai situasi? Berikut pembahasannya.

1. Menggunakan WD-40

Merupakan cairan pelarut yang dapat disebut juga sebagai pelumas. Untuk mengatasi terjadinya karat, Anda dapat menggunakan WD-40 dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Bersihkan terlebih dahulu kunci dan gembok
  • Semprot bagian kunci dengan sedikit cairan tersebut
  • Lindungi dan jauhkan kunci material lainnya

2. Amplas Untuk Menghilangkan Karat

Sama dengan metode sebelumnya, melakukan pengamplasan juga menjadi metode pembersih karat efektif yang dapat Anda lakukan. Dan untuk menerapkan pengamplasan Anda dapat melakukan sejumlah langkah seperti berikut.

  • Siram air pada gembok
  • Kemudian gosok bagian luar yang berkarat dengan menggunakan amplas
  • Setelahnya bilas kembali dengan air kemudian keringkan.

3. Memakai campuran bubuk soda kue dan air lemon

Untuk menerapkan metode ini, Anda perlu mengikuti berbagai langkah sebagai berikut.

  • Buatlah larutan  air lemon dan soda kue
  • Rendamlah gembok dalam larutan tersebut
  • Keringkan dengan lap.

4. Lunasi dengan Minyak Goreng

Berikutnya, metode mengatasi karat dan kemacetan juga dapat Anda lakukan dengan langkah sebagai berikut.

  • Tuangkan sedikit minyak goreng pada lubang kunci
  • Oleskan pada permukaan
  • ●Lakukanlah uji coba secara perlahan.

Nah, berikut adalah berbagai cara mengatasi kemacetan pada gembok dan kunci. Tertarik, untuk mengetahui serba-serbi perawatan gembok dan kunci lainnya? Simak artikel berjudul ini: Inilah Cara Mengatasi Gembok Macet Sangat Mudah

Cara Merawat Gembok Agar Awet

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/pintu-pengunci-gembok-emas-164425/

Melakukan perawatan terhadap gembok dan kunci penting untuk Anda lakukan sejak dini. Mulailah dengan melakukan peninjauan dan pemeriksaan secara berkala. Meskipun ia berperan sebagai pelindung, baik gembok dan kunci juga perlu melakukan perawatan yang dihadirkan secara berkala dan menyeluruh.

Tentunya, hal ini akan menghadirkan dampak positif bagi penghuni rumah. Dimana gembok yang dimilikinya, dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan senantiasa kuat dalam membentuk penjagaan.

Ada berbagai hal yang perlu Anda terapkan untuk membentuk perawatan gembok dan kunci dalam jangka waktu yang panjang. Lantas, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk merawat gembok agar awet? Berikut pembahasannya.

1. Siapkan Peralatan

Antara lain, peralatan yang Anda butuhkan dalam membentuk perawatan gembok dan kunci adalah sebagai berikut.

  • Oli Pelumas atau minyak goreng
  • Tang
  • Tissue

2. Lakukanlah Pengecekan Terhadap Kondisi Gembok

Sebelum melakukan perawatan lakukanlah pengecekan atau tindak peninjauan sebagai berikut.

  • Pastikan perawatan gembok dilakukan di luar rumah
  • Pastikan jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Teteskan Pelumas

Tetesi pelumas baik berupa minyak goreng maupun oli secukupnya.

4. Diamkan Beberapa Menit

Tunggu selama beberapa menit untuk memperoleh hasil yang optimal.

5. Oleskan Pelumas

Lakukanlah pengolesan pelumas terhadap gembok dan batangan kunci secara merata, oleskan Pelumas ini dengan gerakan searah.

6. Putar Kunci Gembok

Lakukanlah gerakan memutar terhadap kunci gembok. Pastikan bahwa Anda melakukan gerakan tersebut dengan perlahan, lakukanlah secara benar sampai dirasa bahwa kunci telah beroperasi dengan lancar.

7. Bersihkan Gembok dengan Tissue

Setelah menuntaskan semuanya, bersihkanlah gembok menggunakan tissue kering berbahan halus. Hal ini bertujuan, untuk menghilangkan sifat licin pada gembok.

Baik, itulah berbagai cara perawatan gembok dan kunci agar awet. Bagaimana? Apakah Anda menginginkan informasi selengkapnya? Simak artikel Cara Merawat Gembok Biar Awet.

Ciri-ciri Gembok dan Pintu yang Kuat

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/gembok-rusty-di-metal-gate-3119921/

Lantas, apakah Anda tertarik untuk mengetahui ciri-ciri dari gembok dan pintu yang kuat tersebut? Karena tentu, pemaparan mengenai spesifikasi gembok dan pintu yang kuat ini, akan sangat membantu Anda dalam menentukan sistem pengamanan secara baik dan tepat.

Dan berikut ini adalah berbagai penjelasan mengenai ciri gembok dan pintu yang kuat.

1. Perhatikan Material atau Bahan yang Digunakan

Setiap gembok tentu dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan bahan seperti apa yang digunakan dalam pembuatan gembok, agar mendapatkan gembok dengan kualitas terbaik.

Antara lain, gembok yang dibuat dari Kuningan umumnya berwarna kekuningan gelap. Sementara, gembok berbahan baja dapat dijumpai dengan warna silver.

2. Melakukan Pertimbangan Terhadap Model Gembok

Tidak hanya warna, model gembok pun tidak kalahnya penting untuk Anda perhatikan dan tinjau dengan baik.

Antara lain, terdapat model lengkung yang umum dijumpai dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, model gembok lain yang tidak kalah berkualitas juga dapat Anda dapati pada model pengunci lurus.

3. Kehadiran Pengaman Ganda dalam Pembentukan Pengaplikasian

Sistem keamanan kini terus berinovasi dan berkembang dengan pesat. Maka dari itu lah, sistem pengaman ganda pun dihadirkan untuk memperkokoh perlindungan yang diberikan terhadap gembok.

Nah, itulah berbagai ciri umum gembok aman yang penting untuk Anda ketahui. Jadi, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda memperoleh gembok dengan standarisasi keamanan yang sesuai. Berikutnya, informasi menarik dan lengkap mengenai perawatan gembok dan kunci di artikel Ciri-Ciri Gembok Pintu yang Kuat.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gembok termasuk gembok dengan kode nomor. Mari simak gembok besi kami untuk melihat jenis gembok yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Articles

Share this article
BACK