26 Jul 2022

Perkakas Obeng, Cara Penggunaan dan Jenis-Jenisnya!

Perkakas Obeng, Cara Penggunaan dan Jenis-Jenisnya!

Obeng merupakan salah satu jenis alat atau perkakas yang digunakan untuk melepaskan dan mengencangkan berbagai jenis sekrup. Karena desainnya yang sederhana, alat ini banyak digunakan tanpa memperhatikan cara penggunaan yang benar. 

Padahal, dengan mengetahui cara menggunakan obeng yang baik dan benar, Anda bukan hanya akan meningkatkan hasil kerja secara maksimal, tetapi juga sekaligus menjaga agar alat ini mampu digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Artikel berikut akan membahas mengenai cara penggunaan perkakas obeng yang tepat beserta jenis-jenis obeng yang perlu untuk Anda ketahui. Informasi lengkapnya dapat Anda ketahui berdasarkan paparan penjelasan berikut.

Jenis-Jenis Obeng dengan Tujuan Khusus

Umumnya obeng memiliki beberapa jenis dan tujuan khusus menyesuaikan berbagai jenis kebutuhan dan keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa jenis obeng yang dirancang untuk tujuan khusus di bawah ini di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Obeng Ketok

Jenis obeng ini dapat Anda gunakan ketika akan mengencangkan sekrup dengan sangat kuat atau ketika Anda ingin melepaskan sekrup yang sulit dilepas akibat berkarat. Ketika Anda memukul ujung gagang dengan menggunakan palu, efek pukulan tersebut akan diubah menjadi perputaran kepada sekrup.

2. Obeng Presisi

Obeng jenis ini dikenal karena memiliki diameter yang sangat kecil. Sehingga, sesuai untuk digunakan pada jenis sekrup yang memiliki mesin presisi seperti kacamata dan jam tangan. Obeng ini memiliki pegangan dengan bentuk khusus. Sehingga, memungkinkan Anda untuk dapat menggunakannya sambil mendorong pegangan dengan menggunakan bagian ujung jari.

3. Obeng Ratchet

Jenis obeng ini memiliki kemampuan untuk dapat terus berputar ke satu arah. Obeng ini dilengkapi dengan mekanisme ratchet yang mampu memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengencangkan baut dengan tidak perlu memutar obeng secara penuh.

4. Obeng Tespen

Obeng ini memiliki kemampuan untuk dapat memeriksa dan menganalisis berbagai kondisi aliran listrik dari sekrup, dan sumber-sumber lain. Pada saat mendeteksi tegangan, lampu pada obeng akan menyala ketika bersentuhan langsung dengan aliran listrik.

Tata Cara Penggunaan Obeng

The hand is holding a screwdriver isolatedxa on white background Premium Photo

Sumber: https://www.freepik.com

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk dapat menggunakan obeng secara maksimal dengan baik dan benar. Tata cara penggunaan obeng tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknik Dorong dan Putar

Cara ini dapat Anda lakukan dengan memutar obeng secara hati-hati hingga posisinya sejajar dengan sekrup. Hal tersebut karena sumbu yang rotasi tidak selaras dengan sekrup dapat membuat obeng lepas tanpa kendali, alur sekrup dihancurkan, atau posisi sekrup yang dapat ditikam secara diagonal.

2. Meluruskan Pegangan pada Saat Memutar Obeng

Saat memutar obeng, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa obeng berada pada posisi harus tegak lurus dengan sekrup. Obeng yang tidak dalam posisi tegak lurus dengan sekrup dapat mengakibatkan beberapa hal, diantaranya yaitu tenaga yang dihasilkan obeng akan meleset, alur sekrup akan rusak, hingga posisi pemasangan sekrup yang miring.

3. Gunakanlah Obeng yang Cocok dengan Ukurannya

Cara menggunakan sekrup selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan obeng sesuai dengan fungsi dan ukurannya. Ukuran obeng yang terlalu besar atau kecil dapat menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan, seperti melesetnya penggunaan obeng, kerusakan alur sekrup, hingga tidak adanya tenaga yang cukup untuk mengencangkan sekrup.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Obeng

Obeng merupakan salah satu bentuk alat perkakas dengan struktur sederhana. Karenanya, tidak jarang ada banyak orang yang menggunakan obeng tanpa memperhatikan cara penggunaannya dengan benar. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan obeng di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perhatikan Adanya Kerusakan pada Obeng

Sebelum menggunakan obeng, ada baiknya bagi Anda untuk memastikan tidak adanya kerusakan pada ujung obeng terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan obeng dengan ujung retak atau terkelupas, maka dapat berisiko menyebabkan alur sekrup menjadi rusak. Selain itu, pastikan pula bahwa mata obeng dan gagang obeng terpasang dengan kuat sebelum digunakan.

2. Jangan Mengalihkan Fungsi dan Memodifikasinya

Berdasarkan fungsinya, jangan menggunakan obeng sebagai alat ganti untuk memahat, dengan cara memukul bagian batang obeng menggunakan palu untuk menambahkan tekanan. Hal tersebut dapat menyebabkan gagang obeng terdistorsi dan mudah rusak. 

Selain itu, jangan memanaskan obeng atau memodifikasinya karena dapat menyebabkan dan meningkatkan berbagai risiko kecelakaan yang tidak terduga.

3. Gunakan Obeng dengan Ukuran Stabil

Ketika menggunakan obeng, Anda perlu menjaga agar postur tubuh tetap stabil di meja kerja. Misalnya, jangan menggunakan obeng dengan satu tangan sementara tangan lainnya sedang memegang produk. Selain itu, hindari melakukan pekerjaan pada permukaan yang tidak stabil karena obeng dapat meleset dan melukai jemari Anda.

Demikian penjelasan mengenai beberapa informasi mengenai cara penggunaan dan jenis-jenis obeng bagi Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi bagi Anda mengenai tata cara penggunaan obeng yang baik dan benar serta jenis-jenis obeng yang perlu untuk Anda ketahui.

Jika Anda sedang mencari obeng dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual obeng, kami juga menyediakan berbagai macam alat pertukangan. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK