24 Mar 2022

10 Jenis Obeng yang Harus Anda Ketahui dan Miliki di Rumah

10 Jenis Obeng yang Harus Anda Ketahui dan Miliki di Rumah

Terdapat beragam jenis jenis obeng dengan fungsi yang berbeda-beda, apakah Anda sudah mengetahui dan memilikinya? Obeng adalah salah satu perkakas serbaguna untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup. Obeng sudah ada sejak tahun 1500-an berbentuk bor tangan untuk memutar kepala sekrup pada benda tertentu. Minimal setiap rumah memiliki satu diantaranya karena fungsinya sangat penting. Kalau begitu langsung saja simak penjelasan 10 jenis obeng yang harus Anda ketahui dan miliki di bawah ini.

1. Flathead

obeng minus

Jenis obeng yang pertama adalah Flathead yang dibagi menjadi dua jenis yakni keystone yang lebih sering digunakan untuk woodworking dan kabinet untuk membuat perhiasan yang indah. Obeng ini termasuk salah satu obeng tertua yang dibuat pada abad ke-15.  

2. Obeng Ratchet

Desainnya unik layaknya bentuk pistol. Obeng ratchet telah didesain elegan serta dimodifikasi dengan gaya modern sehingga dapat membongkar pasang menggunakan semua jenis obeng. Anda tinggal bongkar pasang bagian ujung obeng. Ada sekrup jenis pipih, sok dan kembang. Kekurangannya hanya satu yaitu penyetelannya mudah aus.

3. Obeng Philips

obeng plus

Obeng philips atau lebih dikenal dengan obeng plus atau obeng kembang memiliki bentuk kepala silang. Ada pula yang menyebutnya sebagai obeng cengkeh. Desain ujung obeng dibuat miring supaya kepala obeng dapat masuk ke lubang sekrup lebih dalam. Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan obeng philips.

4. Obeng Torx

Obeng Torx lebih famous dengan sebutan obeng bintang karena bagian ujung berbentuk bintang. Desainnya klasik namun elegan. Pada umumnya perusahaan manufaktur menggunakan obeng jenis ini supaya tingkat keamanan produk lebih terjamin. Obeng ini memiliki tingkat torsi paling tinggi. Itulah sebabnya dahulu digunakan sebagai alat keamanan

5. Obeng Elektrik

Sesuai namanya tentu saja obeng ini menggunakan baterai isi ulang. Cara penggunaan lebih mudah. Cukup tekan tombol start maka obeng akan beroperasi dengan baik. Dapat anda gunakan untuk membuka casing gadget, kamera atau drone. Jika anda mengetahui bagaimana bentuk lem tembak, dapat dipastikan anda juga mengetahui bagaimana bentuk obeng elektrik. Keduanya memiliki desain yang serupa.

6. Obeng Hex

Obeng Hex terbuat dari material logam berukuran kecil dan enam sisinya ditekuk berbentuk L serta tidak memiliki kepala. Digunakan khusus pada sekrup yang kepalanya berbentuk segi enam (hexagonal) saja. Perpaduan warna yellow black menjadikan obeng hex tampak mewah dari jenis obeng lainnya.

7. Obeng Robertson

Obeng Robertson tidak familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan jarang sekali menemukan obeng jenis ini di tanah air. Kebanyakan orang kanada yang menggunakan obeng robertson. Tersedia beberapa warna yaitu hitam, merah, kuning. Kerap kali ditemukan pada industri otomotif dan furniture.

8. Obeng Clutch Head

Obeng Clutch telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Slot yang terdapat pada obeng menyerupai bentuk dasi kupu-kupu. Sedangkan versi lamanya terdapat reses yang melingkar di bagian tengah. Obeng clutch head banyak ditemukan pada Industri otomotif.

9. Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel memiliki bentuk seperti pena. Walaupun begitu, obeng ini sangat istimewa sebab dapat membuka serta memasang dua jenis baut yaitu pipih dan kembang dalam waktu bersamaan. Cara mengganti mata obengnya juga mudah. Tinggal membalikkannya saja. Kelebihan lain dari obeng ini dapat anda sangkutkan pada saku baju atau celana. Wah keren bukan?

10. Obeng Tri Point

Jenis obeng terakhir yang harus Anda ketahui dan Anda miliki di rumah adalah Obeng Tri Point. Obeng ini sulit dimanipulasi, memiliki sudut 120 derajat dan memiliki bilah bermata tiga menyerupai set Y. Harganya tentu saja sesuai dengan kualitas. Bentuknya saja sangat menakjubkan. Obeng jenis tri point akan Anda temukan pada produk yang fenomenal yakni Apple serta perangkat gaming Nintendo.

Baca juga: Perkakas Obeng, Cara Penggunaan dan Jenis-Jenisnya!

Itulah 10 jenis obeng yang harus Anda ketahui dan Anda miliki. Meskipun terkesan sepele, Obeng harus Anda miliki agar pekerjaan Anda lekas selesai. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK