26 Dec 2022

Apa Saja Kegunaan Kuas dalam Kehidupan Sehari hari? Berikut Ulasannya!

Apa Saja Kegunaan Kuas dalam Kehidupan Sehari hari? Berikut Ulasannya!

Mengetahui jenis-jenis kuas sangat penting karena menentukan karakter dan hasil akhir objek lukisan kita. Sebuah objek yang bagus tercipta ketika yang mengerjakan benar-benar menguasai bahan yang digunakannya, termasuk kuasnya.

Kuas adalah salah satu alat terpenting. Itu adalah perpanjangan tangan kita, sekaligus alat yang secara tidak langsung menerjemahkan ide yang ingin kita terjemahkan ke dalam objek yang hendak kita kerjakan. Dari sudut pandang tertentu, sapuan kuas pada objek tersebut dapat menentukan keindahan, identitas, dan karakter. 

Kuas memiliki banyak jenis berdasarkan bahan, bentuk, dan fungsinya yang perlu Anda ketahui sebelum mulai pekerjaanmu. Mengetahui jenis-jenis kuas sangat penting karena menentukan sifat dan hasil akhir pekerjaan kita. Sebuah hasil yang indah terjadi ketika kita benar-benar menguasai alat yang digunakannya, termasuk kuas.

Fungsi Kuas Secara General

Kuas adalah alat yang digunakan untuk melukis atau mengecat yang terbuat dari bulu binatang (babi, kuda, dll) yang disusun dan diikat (dipasang) dengan pegangan.

Fungsi Kuas untuk Mengecat

Mengecat rumah bukanlah proses yang bisa dilakukan semua orang. Diperlukan keahlian khusus agar hasil yang diperoleh memuaskan. Namun, ini tidak berarti bahwa ini tidak dapat dilakukan di rumah. Jika Anda serius ingin belajar, proses ini bisa Anda lakukan sendiri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera Anda.

Sebelum mempelajari teknik mengecat rumah, Anda juga perlu mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukannya sendiri di rumah, salah satunya kuas.

Peralatan ini sangat penting dalam setiap pekerjaan pengecatan. Kuas sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Ukurannya sendiri terdiri dari 1″, 11/2″, 2″, 21/2″, 3″ dan 4″.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan cat tembok atau dinding yang tidak terlalu besar. Satu hal yang perlu diingat saat menggunakan cat ini adalah Anda harus selalu membersihkan cat dari kuas setelah digunakan. Dengan begitu, hasil pengecatan selalu mulus dan terlihat memuaskan. Selain itu kuasnya lebih tahan lama dan bisa digunakan berkali-kali.

Fungsi Kuas untuk Membersihkan Sparepart Kendaraan

Jika kotoran pada mesin tergolong ringan dan tidak tebal, Anda cukup menggosoknya dengan kuas. Gunakan kuas  untuk menggosok seluruh blok mesin sampai ke bagian yang terkecil. Setelah semua bagian disapu dengan kuas, Anda bisa membilasnya dengan air secara perlahan. Setelah dirasa sudah bersih, Anda bisa menyiram seluruh bagian blok mesin hingga bersih. Ulangi proses ini sampai semua kotoran benar-benar hilang.

Fungsi Kuas untuk Membersihkan Area Sempit di Rumah

Rumah yang kotor tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuninya, tetapi juga banyak penyakit. Rumah yang berdebu bisa menjadi salah satu penyebab penyakit seperti asma bahkan menyebarkan banyak bakteri.

Namun, terkadang ada tempat yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Terkadang Anda kesulitan menjangkau daerah antara laci, sudut jendela, atau area sempit lainnya.

Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini mudah diatasi. Pilih kuas sebagai alat untuk membersihkan area sempit di dalam rumah. Dengan kuas yang lebih kecil dan fleksibel, Anda bisa membersihkan celah sempit.

Fungsi Kuas untuk Membersihkan Sela-Sela Gorden

Setiap rumah pasti memiliki gorden. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan kebersihan. Padahal, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan gorden. Apalagi bila di rumah banyak anak kecil.

Oleh karena itu, Anda dapat menjaga kebersihannya dengan melakukan perawatan secara rutin. Sela-sela gorden perlu dirawat secara teratur agar tetap terlihat cantik. Orang-orang terkadang sering mencuci kain gorden, tapi melupakan kebersihan sela-selanya.

Anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan sela-sela gorden. Disarankan untuk melakukan ini setidaknya setiap 3-6 bulan atau seminggu sekali.

Jika sela-sela gorden terlihat berdebu, segera bersihkan dengan kuas atau jika terdapat noda, langsung bersihkan noda tersebut, jangan biarkan noda menyebar.

Fungsi Kuas untuk Mengoles Lem pada Wallpaper Dinding

Memasang wallpaper untuk dinding rumah adalah salah satu solusi mengatasi rasa bosan dengan nuansa cat yang itu - itu aja. Selain motifnya beragam, wallpaper menjadi pilihan untuk menghiasi dinding karena lebih praktis dan mudah dibersihkan. Agar dinding yang dipasangi wallpaper terlihat rapi, pastikan cara memasangnya benar. Untuk yang pertama bisa membersihkan dinding terlebih dahulu. Kemudian oleskan lem wallpaper di dinding dengan menggunakan kuas agar rata. Aplikasikan lem pada dinding secukupnya, jangan terlalu sedikit atau banyak.

Fungsi Kuas untuk Mengoles Kue

Kuas merupakan salah satu alat kue yang banyak digunakan dalam produksi olahan kue kering dan makanan yang dipanggang seperti kuning telur dan susu untuk olesan.

Kuas kue mudah digunakan dan dibersihkan, gagang terbuat dari plastik ringan yang tidak mudah kotor, terdapat 2 varian plastik dan kayu. 

Kuas kue juga berfungsi untuk mengoleskan mentega di atas loyang. Kuas juga menjadi alat untuk mengolesi roti yang sangat rapi dan praktis.

Itulah beberapa fungsi kuas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, Anda pun perlu memilih kuas berkualitas sesuai fungsinya agar hasilnya lebih maksimal.

Segera kunjungi https://www.vinindo.co.id/ untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK