28 Jun 2022

8 Jenis Tang untuk Memotong dan Mengupas Kabel

8 Jenis Tang untuk Memotong dan Mengupas Kabel

Tang merupakan alat yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan perkakas di rumah, seperti memutar, melonggarkan, mencabut, hingga memotong benda. Namun, tidak jarang juga tang digunakan dalam segala aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan.

Definisi tang menurut wikipedia adalah peralatan bengkel yang khusus digunakan untuk memegang, memotong, melepas, dan memasang bahan kerja.

Berdasarkan fungsi, kegunaan, dan cara kerjanya, tang memiliki variasi jenis yang beragam. Dari segi penggunaannya, tang dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu tang pemotong (cutting pliers), tang pengunci (clocking pliers), dan tang penjepit (clamp pliers). 

Artikel berikut akan membahas jenis-jenis tang berdasarkan kegunaannya untuk memotong dan mengupas kabel. Karenanya simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

1. Tang Kombinasi

Tang kombinasi merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki di rumah. Salah satu fungsi utama dari tang ini adalah dapat digunakan untuk memegang, memotong, bahkan membengkokkan benda (mur, baut, dan lain-lain). 

Bagian ujung tang dapat digunakan untuk memotong kabel, kawat, hingga fiber tipis. Sedangkan bagian tengah tang yang berbentuk oval bergerigi dapat digunakan untuk memutar dan menjepit benda kerja.

Foto gratis dari Tang

Sumber: https://pixabay.com

2. Tang Potong

Sesuai dengan namanya, tang potong memiliki rahang yang cukup tajam. Fungsi tang ini adalah untuk memotong kawat, tali, maupun kabel-kabel berukuran kecil. Secara umum, fungsi tang potong hampir mirip dengan gunting. Perbedaannya, tang ini hanya memotong benda-benda keras dan spesifik.

Foto gratis dari Tang

Sumber: https://pixabay.com

3. Tang Potong Kabel

Sumber : https://elements.envato.com 

Tang potong kabel umumnya dapat digunakan untuk memotong maupun mengupas kabel. Jenis tang ini memiliki 7 (tujuh) bagian bergerigi yang mirip seperti gunting dengan kedua sisi tajam seperti mata gergaji. 

Selain itu, tang jenis ini juga dapat digunakan untuk memotong maupun mengupas kabel dengan cara memasukkan kabel ke salah satu lubang. Setelah itu, Anda hanya perlu menekan maupun memutar tang terlebih dahulu agar potongannya dapat lebih merata.

4. Tang Press Hidrolik

Sumber : https://elements.envato.com 

Tang jenis ini merupakan jenis tang yang biasanya digunakan oleh mekanik kelistrikan atau elektronika. Salah satu fungsi dari tang ini dapat digunakan untuk menyambungkan kabel dengan sepatu kabel atau skun. 

Penggunaan jenis tang ini juga lebih mudah dan cukup menghemat tenaga karena memiliki tenaga pompa untuk melakukan press pada skun hingga tersambung dengan kabel. Biasanya tang press hidrolik dapat digunakan pada pemasangan skun kabel di aliran listrik bertegangan tinggi maupun berbagai kabel berukuran besar.

5. Tang Press Manual

Sumber : https://elements.envato.com

Fungsi utama dari tang ini adalah untuk menyambungkan maupun mengkoneksikan kabel dengan skun kabel atau skun lug. Meskipun demikian, penggunaan tang ini menggunakan sistem manual maupun tenaga dari tangan secara langsung. 

Biasanya tang ini digunakan untuk melakukan penyambungan kabel kecil maupun kabel-kabel bertegangan rendah hingga sedang.

6. Tang Krone

Sumber : https://elements.envato.com

Fungsi dari tang krone diantaranya adalah untuk memasang maupun mengoreksi kabel telepon pada terminal LSA telepon. Sehingga, jenis tang ini merupakan komponen wajib yang perlu dimiliki para teknisi telepon.

7. Tang Pembulat

Sumber : https://elements.envato.com

Umumnya, tang pembulat digunakan untuk membuat aksesoris dan manik-manik. Fungsi utama tang ini adalah untuk menjepit, membengkokkan, maupun melengkungkan benda kerja. Seperti contoh kawat-kawat kecil.

8. Tang Ampere

Sumber : https://elements.envato.com

Jenis tang ini merupakan alat ukur arus listrik dalam dunia kelistrikan. Tang jenis ini memiliki fungsi untuk dapat mengetahui dan mendeteksi arus listrik yang mengalir pada kabel tanpa harus melepas ataupun mematikan sumber listrik terlebih dahulu.


Demikian beberapa jenis tang untuk memotong dan mengupas kabel. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan jenis tang untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan tang dengan kualitas terbaik, silahkan Vinindo Corporation. Kami memiliki tang karet yang ujungnya tidak mudah terkikis. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK