18 Mar 2021 Tips Sederhana Memilih Handle Pintu Minimalis

Tips Sederhana Memilih Handle Pintu Minimalis

Handle pintu merupakan hal yang kelihatannya sepele. Akan tetapi, sebuah handle sebenarnya memiliki peranan yang cukup penting. Hal ini terkait dengan kenyamanan, estetika, bahkan keamanan di rumah anda.

Misalnya saja, jika sebuah handle pintu tidak matching dengan konsep pintu atau rumah, maka nilai estetikanya menjadi berkurang. Lebih penting lagi, handle pintu yang gampang dibuka tentu akan membuat rumah menjadi kurang aman.

Karena beberapa hal itulah, memilih handle pintu haruslah jeli dan tidak sembarangan. Apalagi untuk handle pintu minimalis pada rumah yang berkonsep minimalis. Jangan sampai karena salah pilih handle pintu, rumah anda jadi tidak sedap dipandang mata. Nah, berikut beberapa tips sederhana dalam memilih handle pintu. Simak sampai tuntas, ya!

Dari Segi Keamanan

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, handle pintu berperan penting dalam keamanan sebuah rumah. Fungsi yang utama dari handle pintu adalah untuk membuka-tutup pintu untuk keperluan keluar masuk seseorang ke dalam rumah.

Anda harus memastikan bahwa handle pintu minimalis di rumah aman. Dalam artian, tidak mudah dibuka begitu saja. Meski ada kunci atau gembok yang memperkuat, tapi fungsi handle pintu dalam urusan keamanan harus mendukung.

Sekarang ada berbagai model handle pintu yang direkomendasikan untuk keamanan khusus. Selain selot yang tidak mudah dibuka begitu saja, juga ada sistem keamanan tambahan yang menyertainya. Ini penting diperhatikan jika rumah anda menyimpan banyak properti mahal.

Dari Segi Model

Tips memilih handle pintu minimalis selanjutnya adalah dari segi model. Anda harus tahu bahwa model handle pintu sekarang sangat beragam. Hal ini tidak jarang membuat banyak orang kebingungan. Apalagi, jika semuanya bagus dan menarik.

Untuk mengatasi rasa bingung tersebut, mudah saja. Anda tinggal menyesuaikan model handle pintu dengan konsep rumah anda. Misalnya, untuk rumah bergaya modern, handle pintu yang simpel dan tidak banyak detail bisa dipilih. Atau jika rumah anda bergaya Jawa kuno dengan kayu sebagai pernak-perniknya, memilih handle kayu berulir bisa dijadikan alternatif.

Setiap orang pasti punya pilihan handle pintu minimalis yang berbeda-beda. Sesuaikan pula dengan pintu rumah anda. Misalnya, pintu kaca akan cocok dengan handle stainless steel, dan pintu kayu lebih cocok dengan handle berbahan keramik. 

Pemilihan model ini berhubungan langsung dengan kepuasan hati anda sebagai penghuni rumah. Selain itu, model dengan detail yang indah dan rumit juga akan memberi kesan yang  artistik pada rumah anda. Rumah pun akan semakin menonjol dari segi estetikanya.

Dari Segi Bahan

Bahan dari sebuah handle pintu minimalis juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, bahanlah yang akan membuat handle pintu awet atau tidak, juga nyaman atau tidak saat dipegang. Ada beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat handle pintu. Antara lain stainless steel, plastik, besi, logam, kaca, chrome, juga PVC.

Setiap bahan tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Misalnya, untuk bahan stainless steel tidak berkarat meski agak berat. Beda dengan bahan plastik yang ringan tapi ringkih. Anda bisa menyesuaikan pemilihan bahan ini dengan pintunya. Seperti bahan keramik atau stainless steel untuk pintu utama, dan bahan plastik untuk pintu kamar mandi.

Dari Segi Tipe

Bagi anda yang awam, mungkin belum tahu tipe handle pintu minimalis. Ya, handle pintu memiliki dua tipe yang berbeda. Pertama adalah tipe lever atau handle genggam. Handle genggam merupakan handle pintu yang cara membukanya cukup dengan mendorong pintu tersebut. Tipe ini biasanya banyak digunakan untuk desain rumah-rumah besar dan mewah karena menghadirkan kesan elegan.

Selanjutnya adalah tipe knop atau yang lebih dikenal dengan istilah gagang putar. Handle pintu jenis ini lebih praktis dan tingkat kesulitan dalam membukanya lebih sulit dibanding tipe pertama apabila dalam keadaan tidak dikunci. Pintu-pintu rumah minimalis biasanya menggunakan tipe knop karena model pintunya yang cenderung satu daun saja.

Dari Segi Fungsi

Handle pintu minimalis memiliki beberapa macam berdasarkan fungsinya. Yang pertama adalah handle pintu yang tidak ada kuncinya atau passage set. Kemudian, ada handle pintu dengan kunci yang sering digunakan untuk masuk dan keluar atau entry set. Ada juga handle yang modelnya terintegrasi kuncinya yang terpisah dari handle. Ini biasa disebut privacy set. Yang terakhir adalah handle dua gagang yang berpadu jadi satu kesatuan atau dummy set.

Pemilihan handle berdasarkan fungsi tersebut tentu harus disesuaikan dengan letak pintunya. Misalkan pintu utama, gunakan entry set yang bisa dikunci. Untuk pintu kamar mandi bisa menggunakan passage set yang tidak berkunci. Jenis handle ini pun mempunyai beberapa model. Dari yang biasa saja sampai desain yang rumit.

Itulah beberapa tips dalam memilih handle pintu minimalis untuk hunian anda. Semoga bermanfaat!

Share this article
BACK