10 May 2022

Tips Seputar Pintu Rumah

Tips Seputar Pintu Rumah

Pintu merupakan bagian terpenting dari sebuah bangunan yang menjadi penghubung antara satu ruang dengan ruangan lainnya ataupun satu ruangan dengan area outdoor. Namun selain itu, pintu juga dapat menciptakan penampilan rumah yang menarik. Nah bagi Anda yang sedang membangun sebuah rumah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan seputar pemilihan pintu untuk rumah.

1. Bahan Pintu Paling Bagus, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Aneka bahan pintu

Dalam memilih pintu, material atau bahan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena berpengaruh pada ketahanan sebuah pintu. Agar pintu dapat berfungsi dengan maksimal, berikut beberapa bahan pintu yang paling bagus untuk digunakan.

Pintu Aluminum

Pintu aluminium disebut pali berkualitas karena tahan lama dan memberikan kesan modern pada pintu. Selain itu, pintu aluminium juga tahan terhadap cuaca panas maupun dingin serta mudah cara perawatannya. Sayangnya,  pintu aluminium memiliki harga yang mahal.

Pintu Kayu

Pintu kayu menawarkan kesan estetik dan hangat pada penampilan rumah. Harganya pun lebih bervariasi tergantung jenis kayu yang digunakan. Kayu jati memberikan kualitas yang bagus dengan harga mahal sedangkan bahan polyboard ataupun honeycomb umumnya berkualitas lebih buruk dengan harga terjangkau

Pintu Louvre

Model pintu louvre identik dengan ventilasi udara berbentuk garis horizontal berlubang. Bentuk pintu ini klasik sehingga menciptakan kesan unik pada rumah. Sayangnya pintu ini lebih sulit dibersihkan karena terdapat celah udara.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut, Bahan Pintu Paling Bagus, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

2. Inspirasi Pintu Utama Rumah

Inspirasi pintu rumah

Untuk memilih model pintu utama tidak boleh sembarang karena pintu utama merupakan wajah dari rumah itu sendiri. Untuk itu berikut tips memilih pintu rumah utama yang menarik!

Tips Menentukan Pintu Utama Rumah

Tidak ada yang sulit untuk memilih pintu utama, Anda hanya perlu menyesuaikan model pintu dengan desain rumah. Karena jika model pintu dan konsep rumah Anda sangat kontras maka akan membuat rumah terkesan aneh. 

Selain itu, sesuaikan model pintu dengan budget yang Anda miliki. Jika anggaran Anda pas-pasan, maka pilihlah model pintu minimalis.

Tips Menemukan Ide dan Inspirasi Pintu Utama Rumah

Anda bisa menemukan inspirasi pintu rumah di internet. Ada banyak model dan bentuk pintu yang menarik di Internet dan bisa Anda jadikan inspirasi. Namun selalu pastikan untuk menyesuaikan warna pintu dengan warna cat rumah Anda agar serasi sehingga tampak lebih menarik. 

Jenis dan Model Inspirasi Pintu Utama Rumah

Ada banyak jenis dan model inspirasi pintu utama rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Yang pertama ada jenis pintu modern minimalis yang biasanya terbuat dari bahan aluminium, PVC atau carbon. Pintu modern minimalis bias any memiliki penampilan yang sederhana dan minim ukiran.

Kemudian ada pintu ukir tradisional yang identic dengan warna coklat kayu. Pintu ini terlihat unik dan penuh nilai estetika. Ada juga model pintu rustic, yang hampir mirip dengan pintu tradisional hanya saja pintu rustic lebih cocok untuk rumah bergaya vintage.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut, Inspirasi Pintu Utama Rumah

3. Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

Open and closed white wooden doors Free Vector

Pintu rumah minimalis yang dipadukan dengan konsep rumah modern dan minimalis akan mampu menambah nilai estetika pada sebuah rumah. Sehingga pintu tidak sekedar sebagai akses keluar masuk tapi juga sebagai penyeimbang tampilan rumah. Berikut tips memilih pintu rumah minimalis agar rumah terlihat menarik.

Mulai dengan Desain dan Material

Perhatikan desain pintu yang ingin Anda pasang dirumah, meski sekilas model pintu terlihat sama, namun ada banyak hal yang bisa dibedakan, seperti pemilihan handle pintu, ukuran pintu, warna dll.

Kemudian material yang digunakan juga harus yang berkualitas agar pintu rumah terlihat kokoh dan awet. Sesuaikan juga dengan kebutuhan karena bahan pintu dapat menciptakan kesan yang berbeda.

Perhatikan motif dan warna

Agar rumah terlihat minimalis, maka pastikan memilih pintu dengan motif dan warna yang senada dengan konsep keseluruhan rumah Anda. Warna yang tidak senada hanya akan membuat tampilan rumah menjadi norak.

Sesuaikan dengan Fitur yang Ada

Pastikan pintu rumah Anda dapat berfungsi secara maksimal. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu juga harus dapat menjamin keamanan hunian Anda. Artinya, pintu harus dapat menjaga rumah Anda dari orang-orang tak bertanggung jawab.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut, Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

4. Cara Membuka Pintu ketika Kehilangan Kunci Pintu

Kunci pintu

Kehilangan kunci pintu memang membuat panic, karena kita tidak bisa masuk ke dalam rumah sendiri. Untuk itu, cara membuka pintu tanpa menggunakan kunci wajib Anda ketahui. Namun perlu diketahui bahwa tips ini bukanlah untuk kejahatan, namun untuk antisipasi jika sewaktu-waktu kehilangan kunci.

Menggunakan Penjepit Kertas atau Obeng

Pertama gunakan penjepit kertas dengan memasukkan jepitan tersebut ke dalam lubang kunci. Kemudian gunakan benda tumpul untuk memukulnya perlahan. Dengan begitu, pintu akan terbuka. Cara lain adalah menggunakan obeng jenis flathead agar mudah membuka beberapa sekrup di gagang pintu.

Menggunakan kawat untuk Jenis Latch Bolt

Tekuklah kawat sehingga terbentuk pengait, jika sudah masukkan bagian pengait ke celah antara tepi pintu dan kusen. Pegang gagang pintu lalu putar kenop jika sudah tidak terkunci dan tarik pintu agar terbuka.

Menggunakan Kunci L

Cara terakhir adalah dengan menggunakan kunci L. Masukkan kunci L ke ara lubang dengan tegak lurus kemudian gerakan maju mundur secara perlahan dan putar. Maka pintu akan terbuka

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut, Cara Membuka Pintu ketika Kehilangan Kunci Pintu

5. Saran Feng Shui Tentang Penataan Pintu Masuk Rumah

Letak pintu rumah

Feng shui merupakan ilmu yang mengatur aliran energy dalam mendatangkan energi positif dan menghindari energi negative di dalam rumah. Yang paling disorot dalam ilmu feng shui adalah pintu utama. Ini karena pintu utama merupakan tempat seluruh energy berkumpul, baik positif maupun negatif. Maka dari itu, pintu utama haruslah sesuai dengan ukuran rumah dan juga mengarah ke pintu belakang sehingga energi negatif bisa langsung ke luar tanpa mampir ke dalam ruangan lainnya. Berikut beberapa saran feng shui yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda.

Menyingkirkan Tanaman Mati

Tanaman dapat membuat rumah menjadi lebih asri. Namun ketika tanaman mati, rumah akan terlihat gersang bahkan menurut feng shui, tanaman mati akan melemahkan energy positif di rumah Anda. Jadi buang tanaman mati dan ganti dengan yang baru.

Perhatikan Penempatan Cermin

Jika kalian memiliki dekorasi cermin, maka tempatkan cermin di dinding yang berhadapan dengan pintu masuk rumah Anda. Ini akan membuat energy negative yang masuk ke dalam rumah dapat memantul ke luar lagi.

Perhatikan Pencahayaan Rumah

Jika ingin rumah dipenuhi energy positif, maka pastikan rumah mendapat pencahayaan alami secara maksimal. Selain itu, bersihkan rumah secara rutin agar energy selalu dipenuhi energy positif.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut, Saran Feng Shui Tentang Penataan Pintu Masuk Rumah

Itu dia beberapa tips seputar pintu rumah yang bisa diterapkan agar rumah Anda terlihat menarik dan dipenuhi energ positif. Selain harus memperhatikan pintu rumah, Anda juga harus memperhatikan gembok kunci untuk menjaga dari sisi keamanannya. Untuk mendapatkan gembok kunci yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya untuk mengamankan rumah Anda. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK